TribunKaltim/

Passing Grade Seleksi Kompetensi Dasar 2017 Naik

TWK diterapkan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai 4 pilar kebangsaan

Passing Grade Seleksi Kompetensi Dasar 2017 Naik
tribunkaltim.co/muhammad arfan
Muhammad Ishak, Kepala BKD Kalimantan Utara. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) menetapkan ambang batas (passing grade) nilai kelulusan pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Tanah Air.

Passing grade menjadi acuan nilai kelulusan di setiap komponen Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang meliputi Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Masing-masing komponen tersebut passing grade-nya ialah 143 poin (TKP), 80 poin (TIU), dan 75 poin (TWK).

Melihat Permenpan RB Nomor 20 Tahun 2017 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2017 dijelaskan bahwa TKP diperuntukkan untuk menilai integritas diri, semangat prestasi, kreativitas, orientasi pelayanan, kemampuan adaptasi dan pengendalian diri, bekerja mandiri, dan kemampuan belajar berkelanjutan.

Lalu TIU dilaksanakan untuk menilai kemampuan verbal atau kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis, kemampuan numerik atau kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan antara angka-angka. TIU di dalamnya tercakup pula kemampuan untuk berpikir logis dan berpikir analitis.

Sedang TWK diterapkan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai 4 pilar kebangsaan.

"Passing grade ini baru diumumkan Biro Hukum Kemenpan tadi malam (kemarin) melalaui Permenpan RB Nomor 22 Tahun 2017," kata Muhammad Ishak, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kalimantan Utara, Selasa (12/9/2017) di ruang kerjanya.

Melihat passing grade tahun 2017 ini, terjadi peningkatan dibanding passing grade yang diterapkan tahun 2014. Di mana tahun 2014 passing grade TKP hanya 126 poin, TIU 75 poin, dan TWK 70 poin.

Kemudian diatur dalam Pengumuman Gubernur Kalimantan Utara Nomor 810/727/2.1-BKD tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil Pemprov Kalimantan Utara Tahun Anggaran 2017, bahwa dalam hal terdapat beberapa peserta yang memperoleh nilai SKD yang sama pada 3 (tiga) komponen sub tes (TWK, TIU, TKP) dan berada pada ambang batas jumlah kebutuhan formasi, maka terhadap peserta dimaksud diikutkan dalam Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Selanjutnya, apabila peserta seleksi memperoleh total nilai SKD sama, maka penentuan kelulusan didasarkan pada nilai yang lebih tinggi secara berurutan mulai dari nilai TKP, TIU, dan TWK. (*)

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help