TribunKaltim/

Penghasilan Sopir Taksi Online di Balikpapan Bisa Mencapai Rp 300 Ribu/Hari

Besarnya penghasilan sopir taksi online disebut Ismail, Manajer Uber Area Kaltim menjadi alasan taksi online menjadi peluang kerja bagi masyarakat

Penghasilan Sopir Taksi Online di Balikpapan Bisa Mencapai Rp 300 Ribu/Hari
TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN
Ilustrasi - Aplikasi taksi online. 

TRIBUNKALTIM.CO - Besarnya penghasilan sopir taksi online disebut Ismail, Manajer Uber Area Kaltim menjadi alasan bahwa taksi online menjadi peluang kerja baru bagi masyarakat.

"Ini kan peluang kerja baru. Kalau saya berbincang dengan para supir, per hari minimal mereka bisa mendapatkan Rp 200 ribu-Rp 300 ribu," ujar Ismail.

Nominal ratusan ribu tersebut, didapat dari beberapa sumber. Di Balikpapan, jumlah driver kami itu ada 120-an. Misalnya, ketika driver lakukan 14 perjalanan (antar penumpang), maka mereka dapatkan 14 poin. Poin tersebut ketika ditukar rupiah bisa mencapai Rp 350 ribu. Itu belum lagi dengan onkos biaya penumpang.

Baca: Penghina Iriana Jokowi itu Ternyata Masih Berstatus Mahasiswa

Meski menguntungkan, Ismail menyatakan bahwa pekerjaan sebagai driver lebih baik dilakukan untuk mereka yang benar-benar jadikan profesi driver online sebagai profesi utama, bukan lagi sebagai sambilan.

"Saya pernah berbincang-bincang, dengan driver dari penyedia taksi lainnya. Dia bekerja juga sebagai PNS, dan juga supir online. Kan ini aji mumpung. Kami ingin atur, bahwa mereka yang jadi supir adalah benar-benar jadikan profesi ini sebagai mata pencaharian utama, tak lagi sambilan," ungkapnya.

Baca: VIDEO - Mengaku Dirudapaksa Oknum Aparat Wanita ini Berteriak di Penjagaan Kantor Polisi

"Ini agar tak ada jam kosong, ketika Uber dioperasikan. Kan susah, jika siang hari, tak bisa ditemukan taksi online, karena semua supirnya sedang bekerja di tempat lain, dan baru muncul malam hari, ketika selesai bekerja sebagai PNS ataupun pekerjaan swasta lainnya," tandas Ismail. (anj)

Penulis: Anjas Pratama
Editor: Sumarsono
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help