TribunKaltim/

Dibuat Ekstrak untuk Suplemen

Periset Thailand Klaim Mangga Mahachanok Mampu Mengurangi Risiko Tertular Kanker

Periset dari Thiland mengumumkan telah berhasil meningkatkan fungsi mangga Mahachanok sebagai antioksiden tinggi untuk mencegah kanker.

Periset Thailand Klaim Mangga Mahachanok Mampu Mengurangi Risiko Tertular Kanker
the nation
Dr Peerasak Chaiprasart peneliti dari universitas Nare-suan University di Phitsanulok, Thailand Utara berhasil melakukan rekayasa untuk meningkatan kandungan anti-oksidan pada mangga Mahachanok terhadap kanker. 

BANGKOK- Para periset di Universitas Nare-suan di Phitsanulok, Thailand utara, telah meluncurkan hasil riset berupa mangga yang dapat berfungsi untuk mengurangi risiko tertular beberapa jenis kanker.

Hasil riset itu dibiayai oleh The Thailand Research Fund di bawah Program Dokumenter Royal Golden Jubilee.

Dr Peerasak Chaiprasart, Asst Prof Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, Fakultas Pertanian di universitas itu, menjelaskan bahwa mangga Mahachanok yang ditingkatkan kemanfaatannya dengan anti-oksidan antosianin dan karotenoid.

Dr Peerasak Chaiprasart peneliti dari universitas Nare-suan University in Phitsanulok yang berhasil melakukan ekayasa untuk meningkatan kandungan anti-oksidan pada mangga Mahachanok terhadap kanker.
Dr Peerasak Chaiprasart peneliti dari universitas Nare-suan University di Phitsanulok, Thailand Utara yang berhasil melakukan rekayasa untuk meningkatan kandungan anti-oksidan pada mangga Mahachanok terhadap kanker. (the nation)

Para peneliti mengklaim bahwa karotenoid, yang ditemukan pada buah, sayuran kuning dan oranye dan merah, justru memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko berbagai jenis kanker.

Ini juga membantu mengurangi penyakit jantung, katarak dan degenerasi makula terkait usia di retina mata.

Baca: Basmi Kanker Sampai ke Akarnya, Inilah Temuan Baru yang Menjanjikan

Baca: VIDEO - Divonis Menderita Kanker Otak, Anak Berusia 12 Tahun Ini Terbaring Lemah di ICU

Sedangkan Anthocyanin yang menghasilkan pigmen merah, ungu dan biru memperlambat degenerasi sel dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.  Ini juga membunuh mikroorganisme patogen dalam sistem gastrointestinal.

Mangga mahachanok sudah diekstraks untuk dijadikan suplemen sebagai penangkal risiko kanker.
Mangga mahachanok sudah diekstraks untuk dijadikan suplemen sebagai penangkal risiko kanker. (asiaone)

Menurut Dr Peerasak, mangga Mahachanok (Mangifera indica) adalah hibrida mangga Kohong Nang Klang Wan dan mangga Sunset Australia. Saat matang, warnanya merah-ungu atau kuning-merah.

Tim peneliti juga menemukan bahwa jika metil jasmonat diperkenalkan pada mangga pra panen, ia meningkatkan kadar vitamin C, glukosa, fruktosa, sukrosa dan karotenoid mereka.

Halaman
12
Penulis: Priyo Suwarno
Editor: Priyo Suwarno
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help