TribunKaltim/

Dari Bintang Eropa hingga Kiper Garuda Muda, Ini Alasan Cedera ACL Jadi Mimpi Buruk Banyak Atlet

Namun, bagi seorang atlet, apalagi atlet sepakbola yang harus berlari dan menendang, kondisi ini tentu tidak bisa dibiarkan.

Dari Bintang Eropa hingga Kiper Garuda Muda, Ini Alasan Cedera ACL Jadi Mimpi Buruk Banyak Atlet
FERRIL DENNYS/BOLASPORT.COM
Kiper timnas U-19, Muhammad Riyandi, saat memasuki mobil seusai laga Piala AFF U-18 kontra Vietnam di Stadion Thuwanna, Yangoon, Myanmar, Senin (11/9/2017) 

TRIBUNKALTIM.CO - Kabar minor baru saja menimpa skuat garuda muda Indonesia. Kiper utama timnas u-19 Indonesia, Muhammad Riyandi, yang cedera saat laga melawan Vietnam di penyisihan grup B dipastikan tidak bisa mengikuti sisa laga piala AFF 2017.

 Setelah melakukan berbagai pemeriksaan Muhammad Riyandi didiagnosis mengalami cedera ACL.

Cedera ACL sering disebut-sebut sebagai mimpi buruk para atlet karena seringnya cedera ini terjadi dan lamanya masa penyembuhan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Zaffagnini et al, sekitar 90% pemain sepakbola profesional yang menjalani operasi lutut dapat kembali ke lapangan dalam kurun waktu 12 bulan.

Namun penelitian lainnya menunjukkan bahwa sekitar 60% pemain sepakbola profesional dapat kembali ke kondisi semula sebelum cedera, akan tetapi hanya 44% pemain yang dapat kembali ke lapangan untuk berkompetisi di tingkat elit.

Cedera ini pernah diderita oleh Francesco Toti, Theo Walcott, Ruud Van Nistelrooy, dan Zlatan Ibrahimovic.

Bahkan cedera ini memaksa Theo Walcott untuk melewatkan Piala Dunia 2014 dan membuat Manchester United ragu untuk memperpanjang kontraknya dengan Zlatan Ibrahimovic.

Jadi apa sebenarnya cedera ACL?

Anterior Crusiate Ligamen (ACL) merupakan salah satu dari empat ligamen utama yang ada di lutut.

Ligamen sendiri adalah jaringan ikat di dalam tubuh manusia yang menghubungkan tulang dengan tulang.

Halaman
123
Editor: Kholish Chered
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help