TribunKaltim/

Kemenangan Timnas Indonesia U-19 Atas Brunei 8-0 Jadi Modal Lawan Thailand

Kemenangan meyakinkan timnas Indonesia U-19 atas Brunei Darussalam 8-0 (13/9) menjadi modal untuk menantang Thailand di babak semifinal Piala AFF U-18

Kemenangan Timnas Indonesia U-19 Atas Brunei 8-0 Jadi Modal Lawan Thailand
Myanmar Football Federation
Penyerang timnas U-19 Indonesia, Egy Maulana (10) melepaskan sepakan keras ke gawang timnas U-19 Brunei, yang dijaga kiper Muhd Amirul Hakim PG Zulkarnain setelah melewati bek Rahimin Abdul Ghani (kanan) pada laga pamungkas Grup B Piala AFF U-18 2017 di Stadion Thuwunna, Yangon, 

TRIBUNKALTIM.CO - Kemenangan meyakinkan timnas Indonesia U-19 atas Brunei Darussalam 8-0 (13/9) menjadi modal untuk menantang Thailand di babak semifinal Piala AFF U-18 di Stadion Thuwunna pada Jumat (15/9/2017).

Tim Garuda Nusantara menjadi pemuncak grup B dengan poin sembilan dan selisih gol paling besar yakni 15. Sedang tuan rumah Myanmar secara mengejutkan menaklukkan tim favorit Vietnam 2-1 untuk menjadi runner-up grup dengan poin sembilan, dan selisih gol 14. Poin dan selisih Myanmar sama dengan Vietnam, tapi mereka lolos karena berhasil menang head to head atas Vietnam kemarin.

Dengan demikian, pasukan asuhan Indra Sjafri ini akan menantang Thailand yang jadi runner-up grup A. Sedang Myanmar menantang juara grup A, Malaysia.

Bagi pelatih timnas U-19, Indra Sjafri, siapa pun yang jadi lawan di semifinal, bukan sebuah masalah. "Alhamdulillah kami bisa menang dan lolos ke semi-final, untuk melawan siapa saja kami siap," katanya.

Ia kemudian membeberkan, resep tim Garuda Nusantara menang telak atas Brunei, Sejak awal saya tekankan anak-anak untuk bermain tenang, jangan terburu-buru dan tetap anggap Brunei sebagai lawan yang harus diwaspadai. Di babak kedua kami mengubah formasi menjadi 4-3-3, karena kita tarik Feby dan masukkan Saddil. Rafli kita ganti karena cedera,” ujar Indra Sjafri.

Harus menang besar untuk bisa lolos ke babak empat besar, Timnas U-19 langsung bermain agresif sejak menit pertama di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar. Hasilnya, Muhammad Rafli Mursalim mengantarkan Timnas U-19 unggul 1-0 lewat sepakan jarak dekat pada menit pertama tepat pada detik ke-43.

Bintang skuat Garuda Nusantara, Egy Maulana Vikri menambah keunggulan pada menit ke-18. Tendangannya yang lemah ke tiang jauh dari sisi kanan pertahanan lawan tak mampu dihalau barisan pertahanan Brunei.

Pemain Diklat Ragunan itu mencetak gol kedua pada pertandingan ini dengan cara yang sama dengan gol pertama pada menit ke-23. Memasuki menit-menit akhir babak pertama, Witan Sulaeman sukses membuat skuat Garuda Nusantara unggul 4-0 pada menit ke-41.

Striker tunggal Timnas U-19, Rafli Mursalim tak mau ketinggalan. Melalui sundulan, dia membobol gawang Brunei yang dikawal kiper AK Muhd Amirul Hakim PG Zulkarnain pada menit ke-42.

Penampilan menawan Rafli belum terhenti, dia mencetak gol indah pada menit ke-45+1 untuk mencetak hat-trick sebelum jeda pertandingan.

Sudah unggul 6-0, timnas U-19 masih bernafsu menambah keunggulan sejak babak kedua dimulai. Witan bisa memecah kebuntuan sekaligus mencetak gol keduanya untuk membawa Timnas U-19 unggul 7-0 di menit ke-67. Satu menit berselang, pemain pengganti Hanis Saghara Putra menambah keunggulan Garuda Nusantara setelah memanfaatkan cutback dari Egy.

Hanya saja, ada catatan penting yang harus digaris-bawahi dari pesta gol tersebut. Pasalnya, efektifitas Egy cs dalam menuntaskan peluang masih belum maksimal. Bagaimana tidak, dikutip dari Labbola, sepanjang 90 menit, timnas U-19 mendapatkan 42 kali kesempatan mencetak gol. Tapi hanya ada 18 peluang yang tepat sasaran.

Tidak ada separuh dari total peluang yang didapatkan. Dan, hanya ada delapan peluang yang bisa dikonversi menjadi gol. Pastinya hal itu menjadi pekerjaan rumah pelatih Indra Sjafri jelang melawan Thailand di semifinal besok. (*)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help