TribunKaltim/

Dua Balita Suspek Gizi Buruk Ditemukan di Siemanggaris

“Bayinya dilarikan ke rumah sakit karena kondisinya sudah memprihatinkan,” ujarnya.

Dua Balita Suspek Gizi Buruk Ditemukan di Siemanggaris
HO/Ramsidah
Novel Saputra, balita penderita gizi buruk yang ditemukan di perkebunan kelapa sawit PT Nunukan Jaya Lestari. 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Niko Ruru

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - Tim Nusantara Sehat menemukan dua kasus balita suspek gizi buruk di Kecamatan Siemanggaris. Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Nunukan mencatat 14 kasus gizi buruk di Kabupaten Nunukan.

Kedua suspek ditemukan di Kampung Jati, Desa Tabur Lestari, Kecamatan Siemanggaris.

"Kami terus mencari kasus gizi buruk di semua perusahaan baik PT BSI, PT NJL juga perusahaan lain. Kami juga berkeliling ke Desa Srinanti, Desa Tabur Lestari dan Kanduangan,” kata Irfan, Ketua Tim Nusantara Sehat yang bertugas di Kecamatan Siemanggaris, Kamis (14/9/2017).

Dua balita yang baru berusia sekitar satu dan dua tahun ini, disebutkan kurang perhatian dari orang tua yang selalu sibuk sebagai buruh sawit perusahaan.

"Berat badannya dibawah standar dan masuk kategori kurang gizi. Ini masih suspek, belum masuk kategori gizi buruk," kata

Irfan menjelaskan, dua balita perempuan yang masuk sebagai suspek gizi buruk ini, klasifikasi status gizinya dibawah rata-rata.

“Keduanya mengalami kurang gizi yang diketahui berdasarkan pengukuran antropometri seperti pertambahan berat badan, tinggi badan atau panjang badan, lingkar kepala, lingkar lengan dan lain-lain,” ujarnya.

Sebelumnya ditemukan satu kasus balita penderita gizi buruk.

Dengan ditemukannya satu kasus di perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Nunukan Jaya Lestari itu, sepanjang tahun ini sudah ada 14 balita yang ditemukan menderita gizi buruk.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan, Ramsidah mengatakan, Novel Saputra ditemukan dengan berat hanya 3,6 kilogram. Padahal anak buruh perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Nunukan Jaya Lestari itu sudah berusia 3,3 bulan.

Halaman
12
Penulis: Niko Ruru
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help