TribunKaltim/

Tarif Tol Balikpapan-Samarinda Termahal di Indonesia, Ini Perbandingannya

Jalan tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99 km diproyeksikan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mulai dioperasionalkan Desember 2018.

Tarif Tol Balikpapan-Samarinda Termahal di Indonesia, Ini Perbandingannya
TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN
Proyek Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA- Jalan tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99 km diproyeksikan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mulai dioperasionalkan Desember 2018. Mulai beroperasi tahun depan, besaran tarif tol yang akan dibayar pengguna jalan pun mulai dihitung.

Jika sesuai keterangan mantan panitia lelang Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kornel Sihaloho, penetapan masa konsesi serta tarif tol sudah diprediksi awal BPJT, yakni 40 tahun untuk konsesi serta Rp 1000/km untuk tarif tol kendaraan golongan 1.

Hal ini diamini Arie Irianto, Direktur Jasa Marga area Balikpapan-Samarinda saat dikonfirmasi Tribun, Rabu (13/9).

"Ya, itu betul. Tarif awalnya memang segitu. Kami juga dapatkan konsesi sampai 40 tahun. Meski demikian, ketetapan tarif tergantung BPJT. Tarif akan ditentukan berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Sebelum tarif ditetapkan, tim layak fungsi BPJT akan mengecek dahulu, apakah jalan tol sudah layak atau belum," katanya.

Baca: Duh, Kasus Bayi Debora Nyaris Terulang, Begini Peristiwa yang Dialami Bayi Omar

Jika hingga penetapan Menteri PUPR tarif Rp 1000/km, maka tarif jalan tol Balikpapan-Samarinda Rp 99 ribu akan menjadi tarif tol termahal di Indonesia. Dibandingkan dengan tarif tol di daerah lain yang sudah lebih dahulu ada. Saat ini, tarif tol termahal, ada di tol Cipali (Cikopo-Palimanan) dengan panjang tol 116,7 km.

Di tol Cipali, untuk bisa melewati tol rute terjauh (Cikopo hingga Palimanan) sudah ditetapkan BPJT tarifnya Rp 96 ribu. Ini berdasarkan informasi tarif tol yang bisa diakses di website resmi BPJT.

Dirata-ratakan, per km di tol Cipali adalah Rp 827. Dibandingkan dengan yang lain, juga masih tak lebih dari Rp 1000, misalnya, tol Tangerang-Merak dengan rata-rata Rp 576/km, atau tol Surabaya-Gresik dengan rata-rata Rata-rata Rp 650/ km.

Tribun kembali memastikan kepada Arie Irianto, perihal tarif tol ini di hari berikutnya. Jawaban yang diberikan sama, yakni tetap Rp 1000/ km.

Baca: Digandrungi Cewek ABG, Ternyata Inilah Sosok Wanita yang Ada di Hati Egy Maulana Vikri

Halaman
12
Penulis: Anjas Pratama
Editor: Sumarsono
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help