TribunKaltim/

4.500 Peserta Pawai Ta’aruf Meriahkan Tahun Baru Islam di Paser

Sebanyak 4.500 peserta dari berbagai kalangan memeriahkan Pawai Ta’aruf menyambut 1 Muharam di wilayah Kabupaten Paser,kamis (21/9).

4.500 Peserta Pawai Ta’aruf Meriahkan Tahun Baru Islam di Paser
Sarassani/ Tribun kaltim
Wakil Bupati Paser HM Mardikansyah menyerahkan penghargaan kepada perwakilan peserta Pawai Ta'aruf menyambut Tahun Baru Islam, Kamis (21/9). 

TANA PASER, TRIBUN – Tahun baru Islam 1 Muharam 1439 Hijriyah disambut penuh suka cita masyarakat Kabupaten Paser.

Seperti Pawai Ta’aruf yang digelar Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Paser, Kamis (21/9), setidaknya 4.500 peserta dari berbagai kalangan memeriahkan Pawai Ta’aruf menyambut 1 Muharam.

Peserta Pawai Ta’aruf ada yang membawa spanduk yang berisi himbauan untuk berbuat kebaikan dan meningkatkan iman dan takwa serta kepedulian terhadap anak yatim, dan spanduk kampanye kemanusiaan.

Wakil Bupati Paser HM Mardikansyah menyerahkan penghargaan kepada perwakilan peserta Pawai Ta'aruf menyambut Tahun Baru Islam, Kamis (21/9).
Wakil Bupati Paser HM Mardikansyah menyerahkan penghargaan kepada perwakilan peserta Pawai Ta'aruf menyambut Tahun Baru Islam, Kamis (21/9). (Sarassani/ Tribun kaltim)

Ada pula peserta yang membawa alat kesenian yang bernuansa Islami sambil mengumandangkan salawat yang menyejukan.

Peserta pawai dilepas Wakil Bupati Paser HM Mardikansyah di gerbang masuk Kantor Bupati Paser. Pada kesempatan itu, Mardikansyah merasa bahagia karena umat muslim Kabupaten Paser menyambut tahun baru Islam dengan optimis.

Baca: Test Urine di SMK Negeri Grogot, Seorang Siswa Positif Pengguna Narkoba

Baca: Jarang dan Bigi Geta Paser Wakili Kaltim di Festival Seni dan Budaya Tingkat Nasional

“Suka cita menyambut datangnya tahun baru Islam ini sangat membahagiakan,” kata Mardikansyah.

Apalagi tema khusus yang diusung dalam menyambut tahun ini, lanjut Mardikansyah, berbunyi dengan semangat tahun baru Islam 1 Muharram 1439 H, tanamkan nilai-nilai humanisme dan kesalehan sosial.

” Ini harus terus digaungkan agar jiwa kepedulian dan sosial kita terhadap sesama semakin meningkat,” ucapnya.

Pelajar SMPN 1 Tanah Grogot dan SMPN 5 Tanah Grogot Kabupaten Paser yang mewakili Kaltim di ajang FLS2N Tingkat Nasional bersama Staf Ahli Bidang Pembangunan dan SDM Setda Paser Muslich dan Sekretaris Disdikbud Paser, Jumat (22/9).
Pelajar SMPN 1 Tanah Grogot dan SMPN 5 Tanah Grogot Kabupaten Paser yang mewakili Kaltim di ajang FLS2N Tingkat Nasional bersama Staf Ahli Bidang Pembangunan dan SDM Setda Paser Muslich dan Sekretaris Disdikbud Paser, Jumat (22/9). (Sarassani/ Tribun kaltim)

Sementara itu, Ketua PHBI Paser Mas‘ud Leman dalam laporannya menyampaikan bahwa antusiasme masyarakat mengikuti Pawai Ta’aruf sangat tinggi, sehingga peserta yang mengikutinya membludak dan mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya.

Baca: 713 Konsumen Antre Mendapatkan Rumah dari BPJS dan BTN Paser

Baca: Adinda Ardhia Pelajar MAN IC Paser Raih Juara II Lomba Creative Writing di Samarinda

Adinda Ardhia Nada Zahra meraih juara 2 lomba Creative Writing yang digelar Unmul Samarinda, Kamis (14/9) lalu.
Adinda Ardhia Nada Zahra meraih juara 2 lomba Creative Writing yang digelar Unmul Samarinda, Kamis (14/9) lalu. (Sarassani/ Tribun kaltim)

"Lebih dari 4500 peserta yang ikut memeriahkan Pawai Ta’aruf, sebagian besar adalah pelajar mulai dari TK hingga SMA/SMK/MA. Dan kebanyakan berasal dari Kecamatan Tanah Grogot, Pasir Belengkong dan Kecamatan Kuaro. Jumlah peserta pawai tahun ini jauh lebih banyak dari tahun lalu," kata Mas’ud. (aas)

Penulis: Sarassani
Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help