TribunKaltim/

68 Orang Mendaftar sebagai Panwascam, Panwas PPU Minta Tanggapan Masyarakat

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), telah menerima 68 berkas pendaftaran calon Panitia Pengawas Kecamatan.

68 Orang Mendaftar sebagai Panwascam, Panwas PPU Minta Tanggapan Masyarakat
samir paturussi/ tribun kaltim
Bupati PPU Srs Tusran Aspar dan Wakil Bupati Muataqim MZ bergambar bersama tim Panwaslu PPU, pasca penandatanganan naskah hibah. 

PENAJAM,TRIBUN- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), telah menerima 68 berkas pendaftaran calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Selanjutnya, nama-nama mereka akan disampaikan untuk meminta tanggapan masyarakat pada 2-6 Oktober mendatang.

Ketua Panwaslu PPU, Daud Yusuf, Jumat (29/9) menjelaskan, penutupan pendaftaran sudah dilakukan sejak 24 September lalu dan telah menerima 68 berkas.

Bupati PPU Srs Tusran Aspar dan Wakil Bupati Muataqim MZ bergambar bersama tim Panwaslu PPU, pasca penandatanganan naskah hibah.
Bupati PPU DrsTYusran Aspar dan Wakil Bupati Mustaqim MZ bergambar bersama tim Panwaslu PPU, pasca penandatanganan naskah hibah. (samir paturussi/ tribun kaltim)

Setelah mereka lolos berkas maka selanjutnya akan disampaikan kepada masyarakat untuk meminta tanggapan. Pihak Panwaslu akan meminta tanggapan masyarakat  mengenai calon  yang telah lolos administrasi.

“Kalau nanti ternyata ada tanggapan masyarakat mengenai calon yang dipublis dan ternyata ada syarat yang tidak bisa dipenuhi, maka tidak menutup kemungkinan akan kami gugurkan,” jelasnya.

Baca: Diperpanjang Masa Pendaftaran Panwascam Wilayah Kecamatan di Paser

Baca: Pemkab Siapkan Dana Rp 9,8 Miliar, Anggota Panwaslu PPU Terpaksa Pakai Uang Pribadi

Setelah disampaikan kepada masyarakat lanjutnya, maka langkah selanjutnya adalah dilakukan tes tertulis.

Tes tertulis ini untuk mencari enam peserta  dan nilai mereka akan dirangkin, sehingga peserta yang masuk 6 besar akan lolos untuk mengikuti tes wawancara.

Sejumlah calon Panwaslu PPU sedang mengikuti tes tertulis beberapa waktu lalu di Hotel Sekumpul Penajam. Nantinya mereka akan mengikuti tes wawancara 19-21 Juli di  Balikpapan
Sejumlah calon Panwaslu PPU sedang mengikuti tes tertulis beberapa waktu lalu di Hotel Sekumpul Penajam. Nantinya mereka akan mengikuti tes wawancara 19-21 Juli di Balikpapan (HO - Humas Pemkab PPU)

Dari 6 yang mengikuti tes wawancara kata Daud, pihaknya hanya akan meloloskan 3 orang untuk menjadi anggota Panwascam.

Ia menargetkan, paling lambat 15 Oktober mendatang nama-nama yang lolos seleksi dan dinyatakan sebagai anggota Panwascab akan diumumkan. Setelah itu mereka akan dilantik dan rencananya akan dihadiri anggota Bawaslu Kaltim.

Baca: Pendaftaran Pokja Panwaslu Kecamatan Dibuka

Baca: 22 Orang Diperiksa KejaksaanTerkait Dana Hibah Panwaslu Balikpapan

Daud mengatakan, pada awalnya target yang mendaftar hanya 9 orang untuk setiap kecamatan namun juga ini ternyata membludak sampai 68 orang dari empat kecamatan.

Ketua KPUD PPu Feri Mei Efendi bersama Kepala Disdikpora Marjani saat pembukaan sosialisasi program kelas pemilu
Ketua KPUD PPU Feri Mei Efendi bersama Kepala Disdikpora Marjani saat pembukaan sosialisasi program kelas pemilu (tribunkaltim.co/samir paturusi)

Mereka nanti dilantik, maka sudah bisa melakukan pengawasan tahapan Pilkada di masing-masing kecamatan. Mereka nanti juga akan dibantu Petugas Pemilu Lapangan (PPL) masing –masing kelurahan/desa. (mir)

Penulis: Samir
Editor: Priyo Suwarno
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help