TribunKaltim/

Dalam Perahu Belasan WNI Diminta Menunduk saat Hendak Diselundupkan ke Tawau

Polres Nunukan mengamankan Arfan alias Usman Mandar Warga Jalan PLN Lama, Nunukan Barat diduga pelaku penyelundupan belasan WNI ke Malaysia

Dalam Perahu Belasan WNI Diminta Menunduk saat Hendak Diselundupkan ke Tawau
TRIBUN KALTIM/NIKO RURU
Belasan warga negara Indonesia yang hendak diselundupkan ke Tawau, Negara Bagian Sabah, Malaysia melalui Pulau Nunukan. 

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - Unit Kejahatan dan Kekerasan Polres Nunukan berhasil menggagalkan penyelundupan belasan warga negara Indonesia ke Malaysia, meskipun pelaku pengiriman orang tanpa dokumen resmi itu berupaya mengelabui petugas.

"Saat itu di atas perahu kayu panjang, 18 orang muatannya diminta tunduk semua agar tidak kelihatan," ujar Kasubbag Humas Polres Nunukan Iptu Muhamad Karyadi, Kamis (5/10).

Karyadi menjelaskan, dari kasus tersebut Unit Kejahatan dan Kekerasan Polres Nunukan telah mengamankan Arfan alias Usman Mandar (45). Warga Jalan PLN Lama, Kelurahan Nunukan Barat itu diduga sebagai pelaku yang berupaya menyelundupkan belasan warga negara Indonesia ke Malaysia.

"Pelaku dijerat Pasal 120 ayat (1) jo ayat (2) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian subsider Pasal 102 ayat (1) huruf A dan B Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 tahun 2004 tentang PPTKILN Jo Pasal 55 KUH Pidana," ujarnya.

Selain itu, Polisi juga mengamankan barang bukti berupa empat paspor, selembar foto kopi paspor dan satu unit perahu kayu long boat berikut mesin 40 PK merk Yamaha.

Pengungkapan kasus ini berawal saat Unit Kejahatan dan Kekerasan, Rabu (4/10) malam mendapatkan informasi dari masyarakat, akan ada warga negara Indonesia yang diberangkatkan ke Kalakbakan, Malaysia.

"Dari informasi itu personel Unit Jatanras melakukan pengintaian dan menyanggong di muara laut daerah Tanjung," ujarnya.

Benar saja, tak berapa lama kemudian melintas perahu yang berisi 18 orang dalam keadaan menunduk.

"Kemudian tim memberhentikan perahu tersebut dengan cara melintangkan perahu yang ada di sekitar muara," ujarnya.

Polisi kemudian mengamankan motoris, para warga korban selundupan maupun tersangka.
"Mereka diamankan di Mako Polres Nunukan guna proses hukum lebih lanjut," ujarnya. (noe)

Penulis: Niko Ruru
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help