TribunKaltim/

Jokowi Kunjungi Tanjung Selor, Gubernur Kaltara Sebut Ini Sejarah Pertama

Gubernur Kaltara Irianto Lambrie mengungkapkan, kunjungan Presiden Jokowi kali ini paling penting dan perlu diingat.

Jokowi Kunjungi Tanjung Selor, Gubernur Kaltara Sebut Ini Sejarah Pertama
ISTIMEWA
Presiden Jokowi berserta istri tiba di Bandara Juwata Tarakan, Kamis (5/10/2017) pukul 22.45 Wita. Kedatangan langsung disambut Gubernur Provinsi Kaltara Irianto Lambrie dan istri. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sejak Indonesia merdeka, Kabupaten Bulungan belum pernah dikunjung Presiden RI. Gubernur Kaltara Irianto Lambrie mengungkapkan, kunjungan Presiden Jokowi kali ini paling penting dan perlu diingat. Karena, tercatat sebagai Presiden Indonesia pertama menginjakkan kakinya di Tanjung Selor.

"Selama ini belum pernah ada Presiden berkunjunga ke Tanjung Selor. Kalau pun datang ke Provinsi Kaltara paling Kota Tarakan atau daerah perbatasan. Jadi ini bisa mencatatkan sejarah bagi kita," ujarnya.

Irianto mengakui, dirinya yang berinisiatif meminta Presiden Jokowi bisa datang ke Tanjung Selor sebagai ibukota Provinsi Kaltara. Permintannya ini dipenuhi Presiden Jokowi untuk datang ke Tanjung Selor.

Baca: Siswa SMA di Bulungan Ingin Ikut Kuis Presiden Jokowi, Kalau Bisa Minta Hadiah Ini

"Saya bilang kepada pak Presiden, Pak datanglah ke Tanjung Selor sebagai ibukota Provinsi Kaltara, dan alhamdulillah Bapak Presiden bersedia. Semua agenda kegiatan Presiden kita fokuskan ke Tanjung Selor. Di Tarakan hanya menginap saja," ujarnya.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan mengunjungi dua Kota Tarakan dan Tanjung Selor. Jokowi dijadwalkan tiba di Bandara Juwata Tarakan, Kamis (5/10) malam menggunakan pesawat Kepresidenan dan bermalam di Tarakan. Keesokan harinya, Jumat (6/10) langsung menuju ke Tanjung Selor.

Sebelum, Presiden Jokowi akan mengunjungi Embung Rawasari di Kelurahan Karang Harapan, Tarakan Barat yang beberapa waktu lalu dikunjungi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Baca: Karyawan Maskapai Kalstar Sementara Waktu Dirumahkan, Upah Tetap Harus Dibayar

Presiden bersama rombongan menuju Tanjung Selor menggunakan heli Super Puma milik TNI AU. Namun, kalau cuaca tidak bagus kemungkinan Presiden naik speedboat Kaltara I.

Di Tanjung Selor sejumlah agenda dilakukan mulai menyerahkan Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indoensia Sehat, Program Keluarga Harapan (PKH) dan penyeraharan sertifikat tanah kepada 1.550 masyarakat Kaltara.

"Agendanya seperti yang kemarin dan tidak ada perubahan. Kunjungan kali ini pak Presiden juga tidak ada permintaan khusus. Hanya saja menurut protokol Kepresidenan bapak Presiden nanti waktu di Tanjung Selor maunya makan di warung," ungkap Irianto Lambrie, usai rapat persiapan kedatangan presiden, di Ruang Serbaguna Kantor Walikota Tarakan.

Baca: Busyet, Tarif Fantastis Booking Amel Alvi: Durasi Main Tak Sampai 2 Jam, Bayarnya Puluhan Juta

Permintaan presiden makan di warung ini seperti saat melakukan kunjungan ke Kaltara, beberapa waktu lalu. Saat di Tarakan orang nomor satu di Indonesia ini makan di warung teras. Di Nunukan makan di warung Bambu Kuning. (*)

Penulis: Junisah
Editor: Sumarsono
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help