TribunKaltim/

Perhelatan Birau Kian Meredup, DPRD Bulungan Sarankan Pembentukan Dewan Kesenian

Beberapa tahun belakangan, kemeriahan perhelatan pesta budaya daerah dua tahunan atau disebut Birau di Kabupaten Bulungan, kian redup.

Perhelatan Birau Kian Meredup, DPRD Bulungan Sarankan Pembentukan Dewan Kesenian
TRIBUN KALTIM/DOAN PARDEDE
Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten menyeberangi Sungai Kayan dengan menggunakan replika Biduk Babandung dalam Perayaan Birau tahun 2016 lalu. 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Doan Pardede

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Beberapa tahun belakangan, kemeriahan perhelatan pesta budaya daerah dua tahunan atau disebut Birau di Kabupaten Bulungan, kian redup.

Alasannya cukup klasik yakni keterbatasan anggaran.

Sejatinya, Birau ini digelar bersamaan dengan peringatan HUT Kabupaten Bulungan dan HUT Kota Tanjung Selor yang jatuh pada tanggal 12 Oktober.

Ketua DPRD Bulungan, Syarwani, usai  menghadiri Rapat paripurna DPRD Kabupaten Bulungan dalam rangka HUT Kota Tanjung Selor ke-227 dan HUT Kabupaten Bulungan ke-57 digelar di Ruang Sidang Datu Adil, Jalan Ulin, Tanjung Selor, Selasa (10/10/2017) mengatakan, upaya-upaya pelestarian seni dan budaya asli daerah memang sangat perlu mendapat perhatian.

Jika terus diabaikan, bukan tidak mungkin seni dan budaya asli daerah itu akan dilupakan oleh masyarakat, khususnya generasi muda.

Ditegaskannya, melestarikan seni dan budaya sebenarnya tak melulu bicara ketersediaan anggaran.

Yang penting adalah "gaung" seni dan budaya daerah, khususnya Birau itu harusnya tetap bisa menggema di tengah-tengah masyarakat.

Caranya, Organisasi Perangkat Daerah (ODP) di jajaran Pemkab Bulungan, atau bahkan masyarakat itu sendiri bisa menggelar berbagai kegiatan dengan tema besar "Birau".

Dan bila perlu, kegiatan tersebut bukan hanya digelar tepat di tanggal 12 Oktober.

Halaman
123
Penulis: Doan E Pardede
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help