TribunKaltim/

Pramuka Harus Menjelajah 18 Kilometer untuk Mendapatkan Sertifikat Saka Bahari

Setelah berjalan lebih setengah hari, para Pramuka ini tiba di Pantai Batulamampu, Desa Tanjung Karang, Kecamatan Sebatik.

Pramuka Harus Menjelajah 18 Kilometer untuk Mendapatkan Sertifikat Saka Bahari
istimewa
Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid SE MM bersama para Pramuka Penggalang dan pembina dampingnya serta Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Nunukan, usai menerima tunggul Regu Berprestasi Tinggi pada Lomba Tingkat IV Tingkat Kwartir Daerah Kalimantan Utara, di Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan. 

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - Kekuatan fisik mutlak dibutuhkan untuk menjadi anggota Pramuka Satuan Karya Bahari, yang berada di bawah naungan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut.

Komandan Pos TNI Angkatan Laut Sungai Nyamuk selaku Pimpinan Saka Bahari, Letda Laut (P) Benu Purnomo mengatakan, untuk mendapatkan sertifikat Pramuka Saka Bahari, pihaknya mengharuskan Pramuka mengikuti lintas medan dan pantai.

"Di Sebatik kami mengambil titik start di Sungai Nyamuk, Jembatan Sadewa, Kecamatan Sebatik Timur," ujarnya.

Masing-masing Pramuka yang tergabung dalam tim diberangkatkan dengan jumlah lima tim. "Jedanya 10 menit untuk tim selanjutnya," ujarnya.

Mereka kemudian menempuh rute sepanjang sekitar 18 kilometer di pesisir pantai timur Pulau Sebatik. "Tiap-tiap kelompok lalu mengikuti uji materi, meliputi cek poin 1 uji materi Kebangsaan, cek poin 2 uji materi Kepramukaan dan cek poin 3 uji materi tentang Kebaharian," ujarnya.

Setelah berjalan lebih setengah hari, para Pramuka ini tiba di Pantai Batulamampu, Desa Tanjung Karang, Kecamatan Sebatik.

Usai menjalankan kewajibannya, kata dia, para Pramuka yang berasal dari sejumlah SMA dan MA di Pulau Sebatik, dilantik dan mendapatkan sertifikat Saka Pramuka Bahari.

Dia mengatakan, pengembangan Saka Bahari di Pulau Sebatik ini bertujuan untuk pemberdayaan generasi muda di perbatasan.

"Mereka merupakan binaan Pos AL Sungai Nyamuk sebagai rantai komando pembinaan potensi maritim Lanal Nunukan yang merupakan pelaksanaan tugas pokok TNI AL dalam upaya pemberdayaan wilayah pertahanan laut," ujarnya.

Pelantikan Pramuka menjadi anggota Saka Bahari, kata dia, dapat dimaknai sebagai tonggak awal semangat dan keiklasan kader Saka Pramuka Bahari untuk pengabdian kepada masyarakat, nusa dan bangsa. (*)

Penulis: Niko Ruru
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help