TribunKaltim/

Desa Tapis jadi Pilot Proyek Pembuangan Sampah Sementara Terpadu Gunakan Kantong Plastik

Kepala DLH Paser menetapkan Desa Tapis sebagai pilot proyek pelaksanaan pembuangan sampah sementara jadi tempat pembuangan sampat sementara terpadu.

Desa Tapis jadi Pilot Proyek Pembuangan Sampah Sementara Terpadu Gunakan Kantong Plastik
Surya Abdi Dharma
Pemkab Paser memasang beberapa pengumuman larangan pembuangan sampah berdasarkan Perda No. 8 Tahun 2011, dengan denda Rp 5 juta. 

TANA PASER, TRIBUN – Sudah banyak kota di berbagai daerah yang menghilangkan Tempat Pembuangan Sampah sementara (TPS), sebagai gantinya adalah Tempat Pembuangan Sampah sementara Terpadu (TPST).

Untuk di Kabupaten Paser, TPST akan diberlakukan di Desa Tapis, Kecamatan Tanah Grogot. Desa Tapis dipilih sebagai pilot projek TPST menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Paser Abdul Basyid melalui Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Harjana, karena sudah memiliki Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang melayani pengambilan sampah di rumah-rumah penduduk, kemudian dikumpulkan dalam satu TPS.

Pemkab Paser sudah memasang sejumlah papan pengumuman larangan membuang sampah di sembarang tempat berdasarkan Perda No. 8/ 2011 dengan denda Rp 50 juta.
Pemkab Paser sudah memasang sejumlah papan pengumuman larangan membuang sampah di sembarang tempat berdasarkan Perda No. 8/ 2011 dengan denda Rp 50 juta. (ib.blogspot)

Baca: Dandim Paser Kutip Bung Hatta: Jatuh Bangunnya Negara Ini Tergantung Bangsa Kita Sendiri

Baca: Dandim Paser Buka Kejuaraan Pencak Silat PSHT Peringati HUT ke-72 TNI

Baca: Suatang Keteban Siap Jadi Tuan Rumah Kesatuan Gerak PKK Kabupaten Paser

“Disana memang sudah ada pemilahan sampah, tapi masih kurang optimal. Karena itu kegiatan KSM Senyum Desa Tapis kita jadikan pilot projek TPST, biar menular di pemukiman lainnya, terutama pemukiman di lingkungan Kelurahan Tanah Grogot dan sekitarnya,” kata Harjana, Selasa (10/10).

Apabila TPST di Tapis sudah berjalan, tentunya bak sampah atau TPS yang ada sudah bisa dihilangkan karena di TPST disediakan container yang siap dibawa ke TPA Km 7.

Pemkab Paser mengolah limbah sampah di lokasi pembuangan sampah akhir (TPA) di Km 7, Tanah Grogot.
Pemkab Paser mengolah limbah sampah di lokasi pembuangan sampah akhir (TPA) di Km 7, Tanah Grogot. (helloborneo.com)

Baca: APBD-P 2017 Pemkab Paser Naik Menjadi Rp 1,98 Triliun

Baca: Bupati Paser Tinjau Proyek Peningkatan Jalan 14.400 Meter Modang–Pasir Mayang

Baca: Mantan Staf Ahli Bupati Paser Tersandung Korupsi, Curhat Merasa Ditipu

Halaman
12
Penulis: Sarassani
Editor: Priyo Suwarno
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help