TribunKaltim/

Teknologi Keyhole Surgery

Dr Agus Anab Mengoperasi Tumor di Dasar Tengkorak Pasien Melalui Lubang Alis Mata

DOKTER Agus C. Anab, SpBS, sukses mengangkat tumor di dasar tengkorak pasien menggunakan teknologi unik, melalui sayatan di balik alis mata.

Dr Agus Anab Mengoperasi Tumor di Dasar Tengkorak Pasien Melalui Lubang Alis Mata
istimewa/ tribunkaltim
Dr Agus C Anab, Sp.BS melakukan operasi pengangkatan tumor yang berada di dasar tengkorak pasien dengan cara unik, yaitu melalui sayatan di balik alis pasien. 

DOKTER  Agus C. Anab, SpBS, dari Comprehensive Brain and Spine Center National Hospital Surabaya adalah dokter yang menangani pasien bernama Amelia Genial, 50,  mengaku cukup puas dengan hasil operasi yang dilakukan pada September 2016 lalu.  

Dia menjelaksan proses pengangkatan tumor di dasar tengkorak pasien Amelia, menggunakan teknik minimally invasive key hole surgery, supra orbital approach eyebrow incision atau operasi dari lubang atau sayatan kecil pada alis mata.

Dr Agus C Anab Sp.BS mengoperasi tumor di kepala Ny Amelia melalui alis mata
Dr Agus C Anab Sp.BS mengoperasi tumor di kepala Ny Amelia melalui alis mata (CBSC/ Surabaya)

Metode ini dia sampaikan di depan kepada 32 wartawan Ibukota di Hotel Century Jakarta, Jumat (13/8), serta gathering bersama warga Ibukota, Jakarta, Sabtu (14/8), serta menghadirkan dua pasien yang sudah mendapat penanganan operasi menggunakan teknologi yang sama, yaitu Amelia Genial dari Palangkaraya operasi September 2016, serta Ny Lina Effendi dari Krian Sidoarjo, yang mendapatkan oeprasi empat tahun lalu.

Dokter Agus menggunakan teknik tersebut, karena letak tumor Amelia ini bukan berada di dinding tengkorak melainkan justru berada di skull base atau dasar tengkorak yang paling dalam.  Teknik ini cukup dengan membuat lubang  1-2 cm tepat di alis mata.

Baca: RSUD Tarakan dan CBSC Siapkan Operasi Bedah Mikro Saraf di Kaltara

Baca: VIDEO - CBSC dan 221 Assist Siapkan Pesawat, Helikopter dan Ambulans Air

Untuk mencapai tumor yang ada di balik otak, maka otak terlebih dahulu harus dikempiskan dengan cara mengeluarkan cairannya. Baru kemudian otak disibak melalui gerakan sangat halus, dengan cara ini tumor akan terlihat. 

Dr Agus C Anab mengoperasi penderita tumor di kepala  Ny Amelia melalui alis mata
Dr Agus C Anab mengoperasi penderita tumor di kepala Ny Amelia melalui alis mata (CBSC/ Surabaya)

Untuk operasi semacam ini, tidak bisa dilakukan dengan mata telanjang tetapi menggunakan mikroskop khusus, sehingga bisa melihat secara jelas sampai titik objek terdalam. “Begitu disibak, baru terlihat tumornya. Ternyata ukurannya cukup besar dan menempel di pangkal saraf mata.  Saat itu terlihat cenderung menempel di  mata sebelah kiri. Tetapi juga sudah ada tanda-tanda menjalar ke mata kanan,” papar Agus C. Anab yang biasa dipanggil dr.  Aca tersebut.

Untuk mengambil gumpalan tumor itu, tidak bisa diangkat secara langsung tetapi harus diambil sedikit demi sedikit,  “Harus telaten dan penuh kehatian-hatian. Tidak boleh menyentuh yang lain-lain, oleh karena itu proses operasinya memakan waktu enam jam,” jelas Aca.

Baca: Gathering: Nikmati Hidup dengan Otak dan Saraf Sehat

Halaman
1234
Penulis: Priyo Suwarno
Editor: Priyo Suwarno
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help