TribunKaltim/

Majukan Wisata Balikpapan, Buka Saja Sentra UMKM di Gedung Parkir Klandasan

Usulan Gedung Parkir Klandasan menjadi wadah bagi pelaku UMKM Kota Balikpapan bagian dari langkah yang maju.

Majukan Wisata Balikpapan, Buka Saja Sentra UMKM di Gedung Parkir Klandasan
Tribunkaltim.co/aridjwana
Gedung Parkir Klandasan 

BALIKPAPAN, TRIBUN - Usulan Gedung Parkir Klandasan menjadi wadah bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Balikpapan bagian dari langkah yang maju, patut untuk didukung. Namun perlu kesinambungan dengan memajukan dunia wisata supaya banyak pengunjung datang ke Balikpapan.

Ini dikatakan pengamat tata kota dari Universitas Hassanudin, Wahyullah, kepada Tribun pada Jumat (13/10). "Kalau fungsi utamanya sebagai ruang parkir tidak berdaya guna, kurang berfungsi, tentu langkah yang bermanfaat, menggunakan untuk sentra UMKM," tegasnya.

Namun perlu menjadi catatan, keberhasilan UMKM bertumbuh kembang tidak terlepas dari pengemasan wisata Balikpapan yang harus ciamik. Seperti halnya Kota Balikpapan mesti rajin melangsungkan event-event bertaraf nasional maupun internasional.

Membuat gelaran yang memberikan daya tarik bagi wisatawan. Tempat-tempat wisata alam digunakan, dijadikan andalan sebagai wisata favorit. Seandainya juga dibarengi dengan penguatan wisata Balikpapan yang terbaik, maka akan manjur, banyak orang datang dan berbelanja produk UMKM.

"Wisata tentu akan memberikan pendapatan buat masyarakat. Wisata menurut saya sebuah industri yang menghasilkan banyak pendapatan namun berbiaya murah. Butuh kreatvitas dan inovasi dalam mengemas wisatanya," ungkap pria berkacamata ini.

Sebelumnya datang masukkan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan, yang menyatakan, keberadaan Gedung Parkir Klandasan di Jalan Jenderal Sudirman Kota Balikpapan dianggap belum membuahkan hasil pendapatan bagi daerah. DPRD Kota Balikpapan mengusulkan, dibuat terobosan baru dalam rangka pemanfaatan gedung.

Melalui anggota Komisi II DPRD Balikpapan, Budiono, menjelaskan, Gedung Klandasan belum memuaskan bagi daerah, sumbangsih bagi pendapatan asli daerah belum terlihat. "Kalau dibiarkan begitu saja mubazir. Harus cari terobosan lain," ujarnya kepada Tribunkaltim.co, di gedung DPRD Balikpapan.

Dia tidak mau menganggap, pembangunan Gedung Klandasan salah perhitungan. Gedung dibangun tujuannya untuk mendongkrak pendapatan asli daerah namun hasilnya masih nihil. "Dirawat-rawat saja tapi tidak ada pemasukkan nanti tambah membebani," ujarnya.

Karena itu, Budiono mengusulkan supaya Gedung Klandasan dibuat menjadi pusat jajajan barang kerajinan khas Balikpapan, menampung para pedagang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) seperti di Pasar Kebun Sayur. "Dibuat pasar. Kasih tarif yang wajar. Masih baru buka kasih harga sewa yang sesuai,'' tegas Budiono.

Menurutnya, Gedung Klandasan disulap menjadi kegiatan UMKM merupakan pilihan tepat, sebab berada di lokasi strategis dan memiliki ruang perparkiran luas, bisa menampung banyak kendaraan bermotor. (ilo)

Penulis: Budi Susilo
Editor: Adhinata Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help