TribunKaltim/

Tiga Sanggar Tari di Kukar Siap Jadi Partner Kemenlu

12 pemuda dari seluruh dunia akan belajar seni tari dan musik tradisional Kutai di salah satu sanggar tari yang ditunjuk tim dari Kemenlu

Tiga Sanggar Tari di Kukar Siap Jadi Partner Kemenlu
Tribun Kaltim/ RAHMAD TAUFIK
Sekretaris Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kemenlu, Azis Nurwahyud didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kukar menggelar sosialisasi terkait program BSBI di kantor Dinas Pariwisata Kukar, Jumat (13/10/2017) 

TRIBUNKALTIM. CO, TENGGARONG - Tiga sanggar tari di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), siap menjadi partner Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dalam program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) pada 2018 mendatang.

Lewat program BSBI ini, 12 pemuda dari seluruh dunia akan belajar seni tari dan musik tradisional Kutai di salah satu sanggar tari yang ditunjuk tim dari Kemenlu.

Baca: Putri Jackie Chan Mengakui Hal yang Mengejutkan, Lesbian dan Mendapat Dukungan dari Banyak Orang

Kepala Dinas Pariwisata Kukar Sri Wahyuni menyebutkan, 3 sanggar tari yang direkomendasikan untuk jadi partner Kemenlu itu adalah Sanggar Tari Gubang, Pokan Takaq dan Lembaga Seni Budaya Kumala.

"Tim dari Kemenlu akan melakukan peninjauan dan dialog dengan pemilik ketiga sanggar tari agar mendapatkan informasi lebih detil untuk dijadikan partner dalam kegiatan BSBI," ujar Sri usai menerima kedatangan Sekretaris Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kemenlu, Azis Nurwahyudi di kantor Dinas Pariwisata Kukar, Jumat (13/10/2017).

Baca: Diduga Disekap Sejak Tahun 2012, Keluarga Asal Amerika Utara Lolos dari Tangan Taliban

Sri menyambut baik program BSBI ini karena sejalan dengan niatnya untuk memajukan pariwisata dan seni budaya di Kukar. "Bagaimana kita bisa membuka jendela dunia, mengenalkan Indonesia melalui Kukar, yang selama ini digaungkan Pemkab melalui kegiatan Festival Erau," ujarnya.

Sejak pelaksanaan Erau, keberadaan sanggar tari tradisi di Kukar semakin tumbuh berkembang karena mereka sudah dapat panggung.

Baca: Kuman Berada Lebih Banyak di Alat Dapur Ini Ketimbang Dudukan Toilet, Begini Faktanya

Mereka bisa tampil bersama kesenian rakyat manca negara. Ia menambahkan, program BSBI dari Kemenlu
menimbulkan semangat baru bagi pemilik sanggar tari untuk makin profesional di dalam mengelola manajemen sanggarnya dan kedatangan 12 pemuda dari seluruh dunia akan memberikan inspirasi yang berbeda bagi mereka.

Para pemuda dari mancanegara, termasuk seorang dari Indonesia akan belajar mengenai tradisi, kearifan lokal dan mengenal kehidupan masyarakat Kukar.

Baca: Setelah 30 Tahun People Power 1986, Negara Filipina Tidak Banyak Kemajuan

"Seperti apa keseharian masyarakat Kukar, tradisinya, sejarah dan warisan budaya sehingga ketika pulang ke negerinya, mereka telah mengenal Indonesia tapi melalui bagian wilayah Kalimantan, yakni Kukar," ucap Sri.

Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help