TribunKaltim/

Bankaltim Launching SP2D Online, Mutasi Rekening Kas Daerah Kini Bisa Real Time

Penandatanganan perjanjian kerjasama ini terkait dengan implementasi Kas Daerah (Kasda) Online berbasis SIMDA BPKP yang terintegrasi.

Bankaltim Launching SP2D Online, Mutasi Rekening Kas Daerah Kini Bisa Real Time
Tribun Kaltim/Fachmi Rachman
Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dan Gubernur Kaltara Irianto Lambrie menyaksikan sejumlah kepala daerah atau yang mewakili menandatangani MoU penggunaan SP2D online pada acara soft launching SP2D online di hotel Grand Tjokro Balikpapan, Kamis (2/11/2017) 

Laporan Wartawan TribunKaltim.co, Muhammad Alidona 

TRIBUNKALTIM.CO – Bankaltim menggelar soft launching SP2D Online yang terintegrasi dengan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Keuangan dan penanda tanganan Memorandum of Understanding (MoU) Implementasi SP2D Online pada pemerintah Daerah di wilayah provinsi Kaltim dan Kaltara, Selasa (2/11/2017).

Penandatanganan perjanjian kerjasama ini terkait dengan implementasi Kas Daerah (Kasda) Online berbasis SIMDA BPKP yang terintegrasi.

Kegiatan tersebut juga dilaksanakan dalam rangka meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan kas daerah yang lebih baik dengan membangun cashless system guna menekan penyalahgunaan keuangan daerah di Kalimantan Timur dan Kaltara.

Baca: Pedagang Pasar Digusur, Diduga Gara-gara Jokowi Mau Datang

Sebagaimana diketahui Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2011 tersebut menyatakan bahwa dalam melakukan pencairan Giro Kas Daerah wajib menggunakan SP2D sebagai dokumen yang sah. Sementara itu rencana Implementasi Transaksi Non Tunai pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, harus dilaksanakan pada paling lambat tanggal 1 Januari 2018.

Pengembangan aplikasi SP2D online sebagai salah satu layanan transaksi non tunai yang diterapkan pada Pemerintah Daerah.

SP2D tersebut terkoneksi langsung dengan aplikasi SIMDA yang dibangun oleh BPKP untuk pengelolaan keuangan daerah. Aplikasi SP2D online akan membantu Pemerintah Daerah dalam melakukan pencairan dana pada Rekening Giro Kas Daerah kepada rekanan / mitra Pemerintah Daerah.

Baca: Lagi Selena Gomez Kedapatan Jalan Bareng Justin Bieber, CLBK nih?

Aplikasi SP2D sediri merupakan aplikasi yang berbasis web, sehingga dapat diakses dengan cepat melalui komputer di Kantor Pemerintah Daerah untuk monitoring mutasi rekening kas daerah secara real time.

Pengembangan transaksi secara non tunai yang telah diterapkan oleh Bankaltim antara lain Pembayaran PBB, Pembayaran PDAM, E-Samsat Kaltim, Pembayaran PDL, Bantuan Operasional Sekolah Non Tunai (pilot project Samarinda)

Aplikasi SIMDA telah digunakan oleh pemerintah Provinsi/Kota/Kabupaten di Kaltim dan Kaltara antara lain di Provinsi Kalimantan Timur yakni Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Paser, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Mahakam Ulu dan Kabupaten Berau.

Sedangkan di Kaltara antara lain di Kota Tarakan, Kabupaten Tana Tidung, Kabupaten Malinau, Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Nunukan.

Penulis: Muhammad Alidona
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help