TribunKaltim/

Lowongan CPNS 2017

INFO CPNS 2017 - Tak Bisa Dipermainkan, SKB Berpengaruh 60 Persen Kelulusan

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dalam seleksi CPNS merupakan tahapan paling menentukan di seluruh rangkaian tes.

INFO CPNS 2017 - Tak Bisa Dipermainkan, SKB Berpengaruh 60 Persen Kelulusan
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFAN
Pelamar CPNS Pemprov Kaltara mengantre akan menjalani verifikasi faktual di BKD Kaltara di Jalan Durian Tanjung Selor, beberapa waktu lalu. 

Laporan wartawan Tribun Kaltim Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dalam seleksi CPNS merupakan tahapan paling menentukan di seluruh rangkaian tes.

Berdasarkan Permanpan RB Nomor 20 Tahun 201 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2017 disebutkan bahwa bobot hasil integrasi nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan SKB yaitu 40 persen berbanding 60 persen. 

Pengolahan hasil integrasi nilai SKD dan SKB dilaksanakan oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) atau BKN RI. 

Baca: Begini Kata Djarot saat Jadi Pengawal Veronica Tan di Pernikahan Kahiyang-Bobby

Ishak kemudian membantah bahwa proses SKB rawan "dipermainkan". 

"Ini kan (SKB) yang melaksanakan adalah BKN RI dan LAN RI. Keterlibatan kita panitia seleksi daerah di situ tidak ada sama sekali. Kami juga meyakini kredibilitas BKN dan LAN. Ini lembaga negara yang sangat dipercaya pemerintah," sebutnya kepada Tribun, Kamis (9/11/2017). 

BKD Kalimantan Utara sebut Ishak hanya bertindak sebagai fasilitator pelaksanaan seleksi yang mana tugasnya menyiapkan perangkat tes dan tempat pelaksanaan tes. 

"Tidak ada yang lain selain itu. Nanti untuk soal SKB JFT yang membuat adalah BKN. Sedangkan SKB JFU yang menyusunnya adalah LAN," sebutnya. 

Baca: INFO CPNS 2017 - BKD Beri Sinyal SKB Digelar Minggu Depan, Selain Tes CAT, di JFU Ada Tes Psikologi

Baca: Kulon Progo Memang Indah, Kunjungi 5 Tempat Ini yang Instagramable Banget!

Baca: Wah Sang Mantan Datang ke Nikahan Kahiyang, Apa Doanya untuk Putri Jokowi?

Baca: Absen ke Acara Pernikahan Kahiyang-Bobby, Iis Dahlia Bikin Warga Solo Tersinggung, Apa Pasal?

Lagi pula dalam Permenpan RB Nomor 20 Tahun 2017 disebutkan bahwa pengawasan dan pengendalian terhadap seluruh proses pelaksanaan seleksi diatur oleh pengawasan internal lingkup nasional dalam hal ini pengawasan pelaksanaan SKD dan SKB lingkup nasional dilakukan oleh Panselnas. 

Lalu dikenal pula pengawasan internal lingkup instansi, yang secara fungsional dilakukan oleh Inspektorat Jenderal/Inspektorat Utama Inspektorat Pengawasan Umum/Inspektorat pada Kementerian/Lembaga, dan Inspektorat Daerah. (*)

Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help