TribunKaltim/

Tak Tahu Ada Program PTSL, Warga Memilih Jalur Reguler, meski Bayar

Pagi hari, Ari (39), warga Sepinggan terlihat duduk menunggu di ruang tunggu Kantor Kecamatan Balikpapan Selatan.

Tak Tahu Ada Program PTSL, Warga Memilih Jalur Reguler, meski Bayar
INTERNET
Ilustra ukur tanah 

TRIBUNKALTIM.CO - Pagi hari, Ari (39), warga Sepinggan terlihat duduk menunggu di ruang tunggu Kantor Kecamatan Balikpapan Selatan. Dia tengah mengurus proses Izin Membuka dan Memanfaatkan Tanah Negara (IMTN) sebagai prasyarat pembuatan sertifikat tanah di Badan Pertanahan Nasional.

Ari mengaku tidak mengikuti program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang merupakan program pengurusan sertifikat tanah gratis kebijakan dari Presiden Joko Widodo. "Tidak ikut PTSL. Sudah tidak keburu," ujarnya kepada Tribun, belum lama ini.

Sebenarnya, informasi PTSL sudah diketahui namun berhubung keterbatasan waktu, dirinya tidak berkesempatan mengikuti program tersebut. Alasannya, Ari saat ingin mengurus sudah tidak sempat. Soalnya dibatasi waktunya.

Baca: Nasib Guru MA Swasta di Kukar, Pembayaran Gaji Telat, Jumlahnya pun Berkurang

"Belum penuhi berkas, kesempatannya sudah habis. Dibatasi yang ikut PTSL, kalau tidak lengkapi syarat akan dilewati begitu saja," ujarnya.

Semestinya, program PTSL tidak semestinya dibatasi, jumlah yang ikut harus menampung semua orang. Mengurus pemberkasan, memenuhi persyaratan tidak semudah yang dibayangkan, butuh beberapa hari.

Ari saat akan mengurus sertifikat tidak mendapat informasi pasti mengenai program PTSL. Sebaliknya, begitu tahu ada program ini, ternyata dari beberapa pihak seperti di kelurahan ternyata dibatasi para pemohonnya.

"Jumlahnya kalau sudah ambang batas sudah tidak bisa lagi. Saya sudah coba tapi belum beruntung, ternyata habis jumlah kuotanya," ujarnya.

Akibat tidak bisa ikut PTSL, jalan keluar bagi Ari ikut program pembuatan sertifikat reguler, yang dikenakan biaya. Dibandingkan PTSL, pembuatannya cepat dan gratis tidak dipungut biaya. "Bagus. Tapi sudah telanjur tidak bisa ikut," tuturnya.

Baca: VIDEO – Beginilah Atlet Anggar Kaltim Berlatih Jelang Kejurnas Anggar di Jakarta

Halaman
12
Penulis: Budi Susilo
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help