TribunKaltim/

Ditanya Majunya Kapolda di Pilgub Kaltim, Begini Tanggapan Awang Faroek

Awang juga menyinggung sikap partai politik yang saat ini terkesan lambat menentukan arah politik di Pilgub Kaltim 2018.

Ditanya Majunya Kapolda di Pilgub Kaltim, Begini Tanggapan Awang Faroek
Tribiun Kaltim/M Fachri Ramadhani
Gubernur Kaltim Awang Faroek bersama Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin di Lapangan SPN Polda Kaltim menghadiri HUT ke 72 Brimob, Selasa (14/11/2017). 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Muhammad Fachri Ramadhani

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek menyatakan mendukung langkah yang diambil Kapolda Kaltim, Safaruddin yang melangkahkan kakinya ke pesta demokrasi Kaltim 2018 mendatang.

"Bagus (nyalon). Itu hak beliau. Apalagi beliau bakal pensiun. Tak ada masalah. Tinggal apakah beliau dipilih oleh rakyat atau tidak. Kan yang memilih bukan partai, tapi rakyat Kaltim," katanya.

Baca: Disinggung Mundur dari Jabatan, Kapolda Kaltim: Kalau Ngga Direkomendasikan Gimana

"Saya kira ndak masalah, malah kita dukung. Silakan maju, tapi tidak pakai baju Kapolda, pakai Safaruddin. Waktu maju beliau harus pensiun (tanggalkan jabatan). Gak ada masalah," lanjut Awang saat ditemui dalam acara HUT Brimob di Balikpapan, Selasa (14/11/2017).

Awang juga menyinggung sikap partai politik yang saat ini terkesan lambat menentukan arah politik di Pilgub Kaltim 2018.

Terutama soal siapa calon yang diusung partai. Alotnya lobi politik, kemudian penimbangan sosok calon yang berlarut menjadi amatan Awang tersendiri.

Baca: Bukan Lewat Jalan Raya, Pemotor Ini Justru Melintas di Tengah Warung, Greget!

"Partai tak boleh begitu. Segera saja ajukan calonnya, atau mereka mau berkoalisi, silakan. Seperti Kapolda mau maju, beliau harus punya perahu. Rusmadi juga. Yang sudah punya perahu itu kan Awang Ferdian, kebetulan dia kader PDIP, partai dengan 10 kursi (di legislatif). Hadi Mulyadi juga sudah ada perahunya," urai Awang.

Ia mengingatkan kepada seluruh calon, bahwa mereka bukan dipilih oleh partai namun rakyat. Ia pun meyakin bahwa saat ini parpol tengah getol melakukan survey mengukur elektabilitas para tokoh yang masuk dalam bursa calon kepala daerah Kaltim.

Baca: Bukan Lewat Jalan Raya, Pemotor Ini Justru Melintas di Tengah Warung, Greget!

"Mereka melakukan survey setahu saya, siapa yang paling tinggi elektabilitasny," bebernya.

Dalam waktu dekat, Awang memberikan bocoran bakal memanggil Pangdam, Kapolda, seluruh Kapolres di Kaltim, beserta KPU dan Bawaslu untuk melakukan persiapan jelang Pilgub Kaltim 2018.

"Bicarakan kesiapan Pilkada. Berharap Pilkada Kaltim berlangsung lancar, damai, aman, dan tentram," harapnya. (*)

Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help