TribunKaltim/

Warga Balikpapan Ini Nyaris Tertipu Rekrutmen Pegawai Berkedok Perusahaan BUMN Ternama

Mengetahui cerita itu, Tribunkaltim.co mencoba melakukan konfirmasi kepada pihak Pertamina wilayah Kalimantan.

Warga Balikpapan Ini Nyaris Tertipu Rekrutmen Pegawai Berkedok Perusahaan BUMN Ternama
Twitter/@es_twr
ILUSTRASI Penipuan wawancara kerja 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Budi Susilo

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Aris Hariyanto, warga Balikpapan, nyaris saja terkena tipu lowongan pekerjaan yang berkedok sebuah perusahaan nasional Pertamina.

Awalnya Aris beberapa hari yang lalu mengirim sebuah email lamaran pekerjaan yang mengatasnamakan Pertamina. Kemudian ia mendapat balasan.

Di surat balasan itu memuat juga nomor telepon pihak penyelenggara.

"Saya diinfokan dapat panggilan kerja ke Jakarta, dites masuk. Infonya semua akomodasi, transportasi dan penginapan selama di Jakarta akan ditanggung pihak penyelenggara,"katanya kepada Tribunkaltim.co, Senin (13/11/2017). 

Namun Aris menelpon ke penyelenggara, terungkap, uang bisa ditanggung calon pelamar terlebih dahulu, nantinya akan diganti saat berada di Kota Jakarta, lokasi berlangsungnya tes masuk pegawai Pertamina. 

"Saya telepon nomornya tersambung. Bilangnya kirim uang segera untuk dapat tiket pesawat dan kepastikan akomodasi hotel. Saya dikasih waktu 45 menit segera kirim uang, supaya tidak hangus, bilang si penyelenggara. Saya setengah tidak percaya," ujarnya.

Setelah ada gelagat seperti itu, Aris pun tidak menanggapi secara serius. Tidak menjalankan perintah untuk mentrasfer uang untuk biaya transportasi dan akomodasi selama tes kerja calon pegawai Pertamina di Jakarta.

"Takutnya penipuan. Belum pasti sudah minta transfer uang yang belum tentu jelas apa timbal baliknya," katanya. 

Di email yang dikirim ke Aris, terlihat bukan fotocopy, ada tandatangan dan materai enam ribu, seolah-olah memang informasi yang resmi. Dicantumkan pula informasi lokasi hari dan tanggal tes ujian rekrutmen calon pegawai. 

Halaman
12
Penulis: Budi Susilo
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help