TribunKaltim/

Yang Kaya Makin Kaya, Ternyata Segelintir Orang Ini Kuasai Lebih 50 Persen Total Kekayaan Dunia

1 persen orang-orang terkaya kini menguasai lebih dari separuh kekayaan di dunia. Hal ini berdasarkan laporan Credit Suisse.

Yang Kaya Makin Kaya, Ternyata Segelintir Orang Ini Kuasai Lebih 50 Persen Total Kekayaan Dunia
Thinkstockphotos.com
Ilustrasi miliarder 

TRIBUNKALTIM.CO, NEW YORK - 1 persen orang-orang terkaya kini menguasai lebih dari separuh kekayaan di dunia. Hal ini berdasarkan laporan terbaru yang dirilis Credit Suisse.

Laporan tersebut menjabarkan, total kekayaan di dunia tumbuh 6 persen dalam 12 bulan terakhir menjadi 280 triliun dollar AS. Ini menandai penciptaan kekayaan tercepat sejak tahun 2012 silam.

Mengutip CNBC, Rabu (15/11/2017), lebih dari separuh penciptaan kekayaan baru sebesar 16,7 triliun dollar AS terjadi di AS. Namun demikian, secara keseluruhan kekayaan di dunia lebih terkonsentrasi pada segelintir orang saja.

Hanya 1 persen orang terkaya menguasai 50,1 persen kekayaan di dunia. Angka tersebut meningkat jika dibandingkan 45,5 persen pada tahun 2001.

"Sejauh ini, kepemimpinan (Presiden Donald) Trump telah membuat bisnis dan serapan tenaga kerja tumbuh, meski peran (bank sentral AS) Federal Reserve cukup besar juga," kata Michael O'Sullivan, direktur investasi Credit Suisse.

Saat ini ada sebanyak 36 juta orang miliarder di seluruh dunia. Jumlah tersebut diprediksi bakal bertambah menjadi 44 juta orang pada tahun 2022 mendatang.

AS masih memimpin dengan jumlah miliarder mencapai 15,3 juta orang. Sementara itu, Jepang berada pada peringkat kedua dengan jumlah miliarder mencapai 2,7 juta orang, diikuti Inggris sebanyak 2,2 juta orang.

China berada pada peringkat kelima dengan jumlah miliarder mencapai 1,9 juta orang. Namun, populasi miliarder China diprediksi akan menyentuh angka 2,8 juta pada tahun 2022.

[SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN/Kompas.com]

Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help