TribunKaltim/

Advertorial

Hati-hati Polip Hidung atau Alergi

Polip hidung merupakan salah satu jenis penyakit tenggorokan, hidung dan telinga (THT) yang sudah sering kita dengar di masyarakat.

Hati-hati Polip Hidung atau Alergi
IST

Jika Hidung sering Tersumbat Disertai Bersin-bersin

BALIKPAPAN - Hidung sering mampet, suara bengek, ada benjolan putih yang tampak dari luar? Atau sejak bulan terakhir terserang pilek yang tak kunjung sembuh dan bersin-bersin, sakit kepala dan disertai hidung mampet, tenggorokan terasa penuh lendir atau dahak? Bersamaan dengan itu anehnya bentuk hidung mulai terlihat tak sama besarnya lagi atau sering dikatakan hidung bengkok?

Polip hidung merupakan salah satu jenis penyakit tenggorokan, hidung dan telinga (THT) yang sudah sering kita dengar di masyarakat. Sebagian orang sering menyebutnya sebagai tumbuh daging dalam hidung. Polip hidung sebenarnya suatu pertumbuhan selaput lendir hidung yang bersifat jinak.

Polip hidung bukan penyakit yang murni berdiri sendiri, pembentukannya sangat terkait erat dengan masalah/penyakit THT lainnya. Pilek yang berkepanjangan (sinusitis) rinitas alergi, asma radang kronis pada mukosa sinus paranasal, kista fibrosis, intoransipada aspirin an lain lain.

Dengan adanya faktor alergi dan radang kronis yang berulang-ulang, maka terjadilah perubahan pada mukosa hidung, pembuluh darah, dan juga pembuluh limfe. Keadaan ini akan berkembang terjadinya hambatan balik cairan intertatial. Cairan yang berkumpul selanjutnya akan menimbulkan semacam bendungan yang bersifat pasif, dari keadaan ini berkembang menjadi pembengkakan di mukosa hidung akan bertambah panjang sampai pada akhirnya terbentuk tangkai maka terbentuklah polip.

Polip biasanya tumbuh di daerah selaput lendir membengkak akibat penimbunan cairan seperti di sekitar lubang sinus pada rongga hidung, ketika baru terbentuk sebuah polip tampak seperti air mata dan jika telah matang menyerupai buah anggur yang berwarna keabu-abuan.

Polip menyebabkan hidung tersumbat, karena itu penderita seringkali mengeluhkan adanya penurunan fungsi indera penciuman. Karena indera perasa berhubungan dengan indera penciuman. Maka penderita juga bisa mengalami penurunan fungsi indera perasa dan penciuman.

Berbagai keluhan pernapasan dan percernaan seperti sesak napas (asma), batuk, radang paru-paru (bronkitis), sinusitis, polip, pilek menahun, sakit kepala (migran), alergi (bersin-besin), amandel, bau mulut, maag, ulu hati, asam lambung tinggi (sering mual) mudah masuk angin, dan lainnya bisa diatasi dengan gurah.

Metode gurah ini juga sangat efektif bagi perokok berat dan kecanduan miras dan narkoba. Bagi anda yang tidak mau digurah secara langsung kami juga menyediakan kapsul gurah. Untuk informasi dan konsultasi anda dapat mendatangi dan menghubungi alamat praktek kami Herbal Medical Harmonis Ahli Gurah.(*)

HERBAL MEDICAL HARMONIS AHLI GURAH
Jalan Sudirman No. 57 - samping Gang Intraco atau seberang Bank Mega Balikpapan Permai Kelurahan Damai RT 11/03 Balikpapan Selatan
Kota Balikpapan
Phone - 081350898909/0542-735482
Buka praktek tiap hari Pukul 10.00 - 20.00 Wita
atau klik di www.herbalmedicalharmonis.blogspot.com

Editor: Ardian Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help