TribunKaltim/

Masa Berlaku Habis, Biaya Pembongkaran Reklame Akan Dibebankan ke Pemilik

masalah siapa yang berwenang menurutnya memang tidak ditegaskan. Hal ini, tentunya akan menjadi pertimbangan penting

Masa Berlaku Habis, Biaya Pembongkaran Reklame Akan Dibebankan ke Pemilik
Tribun Kaltim/Doan Pardede
Papan reklame menghiasi dua sisi jalan Imam Bonjol, Samarinda, Rabu (28/11/2017). Dalam waktu dekat ini, Pemkot Samarinda akan menata keberadaan papan reklame yang ada di beberala ruas jalan yang ada di Kota Samarinda. 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Doan Pardede

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Penertiban papan-papan reklame khususnya yang berdiri di sepanjang jalan-jalan protokol di Kota Samarinda, masih menemui sejumlah masalah. 

Perwali Nomor 26 tahun 2012 tentang Penataan Titik Reklame di Wilayah Kota Samarinda, yang mengatur seputar keberadaan papan-papan reklame tersebut sangat lemah dan perlu direvisi.

Baca: Fahri Hamzah Kritik PKS Secara Terbuka, Kesibukan Pimpinan Mendata Orang yang Beda Pendapat

Hal ini menjadi kesimpulan dalam Rapat Kordinasi (Rakor) Penertiban Reklame yang digelar di Balaikota Samarinda, Jalan Kesuma Bangsa, Selasa (28/11/2017).

Asisten II Setkot Samarinda, Endang Liansyah yang ditemui usai memimpin Rakor mengatakan, ada sejumlah hal yang cukup mengejutkan terungkap dalam rapat. Ternyata, siapa sebenarnya yang paling berwenang melakukan penertiban papan reklame yang sudah dinyatakan layak dibongkar belum jelas.

Dalam Perwali yang ada, masalah siapa yang berwenang menurutnya memang tidak ditegaskan. Hal ini, tentunya akan menjadi pertimbangan penting dalam revisi Perwali nantinya.

Baca: Ahmad Dhani Jadi Tersangka Kasus Ujaran Kebencian, Ini yang Diunggah Mulan Jameela

"DPUTRkah?, Perizinankah? Satpol PP? atau siapa?, Di Perwali nanti akan kita tegaskan, itu tugas siapa," ujarnya.

Selain Perwali, beberapa prosedur perizinan pendirian papan reklame juga akan dirapikan. Kondisi saat ini, ada beberapa papan reklame yang sudah habis masa berlaku, tapi masih dibiarkan berdiri. Pemkot Samarinda sendiri ternyata tidak memiliki data yang cukup akurat terkait siapa pemilik papan-papan reklame tersebut.

Halaman
123
Penulis: Doan E Pardede
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help