TribunKaltim/

Ini Daftar Orang Terkaya di Indonesia, Harta Keluarga Hartono Capai Rp 436 Triliun

Selama sembilan tahun berturut-turut, keluarga Hartono menempati posisi teratas dengan kekayaan mencapai 32,3 miliar dollar AS.

Ini Daftar Orang Terkaya di Indonesia, Harta Keluarga Hartono Capai Rp 436 Triliun
IST
Keluarga Hartono masih yang terkaya di Indonesia

TRIBUNKALTIM.CO - Forbes baru-baru ini merilis daftar orang terkaya di dunia, termasuk Indonesia untuk tahun 2017. Selama sembilan tahun berturut-turut, keluarga Hartono menempati posisi teratas dengan jumlah kekayaan mencapai 32,3 miliar dollar AS.

HARTA kekayaan sembilan dari 10 orang paling kaya di Indonesia naik setidaknya 10 persen sepanjang tahun lalu. Ini sebagian berkat kenaikan harga saham mereka.

Secara umum, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia pun tumbuh 17 persen sepanjang periode tersebut. Total kekayaan 50 orang terkaya Indonesia kini mencapai 126 miliar dollar AS, naik dari 99 miliar dollar AS pada tahun lalu.

Baca: Ikat Eks Pelatih Persiba, Borneo FC Bernostalgia

Faktor lain yang mendorong peningkatan valuasi para konglomerat adalah terkuaknya jumlah kekayaan mereka setelah ikut serta dalam program amnesti pajak tahun lalu.

Amnesti pajak memberi kesempatan bagi para taipan dalam negeri untuk mengakui aset mereka yang selama ini disembunyikan dengan membayar denda dalam jumlah relatif kecil.

Hal tersebut menghantarkan posisi Presiden Komisioner Mayora Group Jogi Hendra Atmadja meroket 25 peringkat ke posisi nomor 10 dengan jumlah kekayaan 2,7 miliar dollar AS. Tahun lalu, kekayaan Jogi tercatat sebesar 850 juta dollar AS.

Hartono Bersaudara, yakni Robert Budi dan Michael Hartono, kembali menempati posisi teratas daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Dengan demikian, sudah 9 tahun mereka dinobatkan sebagai orang terkaya di Tanah Air.

Total harta mereka tahun ini melonjak US$15,2 miliar atau sekitar Rp 205 triliun dibanding tahun lalu menjadi US$32,3 miliar atau sekitar Rp 436 triliun. Peningkatan ini disebabkan kenaikan harga saham PT Bank Central Asia Tbk sebesar hampir 50 persen.

Baca: Watimah Kreatif Ulah Ikan Lele Jadi Abon dan Nugget, Sebulan Bisa Untung Bersih Rp 2 Juta

Halaman
12
Editor: Sumarsono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help