TribunKaltim/

Antisipasi Bencana Alam, Personel Gabungan Gelar Latihan Bersama

Adapun kegiatan pada hari ini (4/12/2017) diselenggarakan sesuai dengan UU RI No 24 tahun 2007 tentang bencana alam.

Antisipasi Bencana Alam, Personel Gabungan Gelar Latihan Bersama
HO - Penerangan Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN).
Danrem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN), Brigjen TNI Irham Waroihan, saat mengecek kesiapsiagaan latihan penanggulangan bencana alam, kebakaran hutan di wilayah desa Purwajaya Kec Loa Janan, Kutai Kartanegara (Kukar), Senin (4/12/2017). 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Christoper D

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kondisi alam Kalimantan Timur (Kaltim) secara empiris dapat dilihat dengan perubahan kondisi biogeofisik alam, pemanasan global, dan perubahan iklim.

Degradasi sumber daya alam serta lingkungan, menimbulkan berbagai fenomena alam yang memicu terjadinya bencana, seperti El Nino yang menyebabkan kekeringan maupun kemarau panjang.

"Kebakaran hutan dan lahan, serta gangguan asap dan dampak lain berdampak terhadap kerawanan pangan, timbulnya berbagai wabah penyakit," ungkap Danrem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN), Brigjen TNI Irham Waroihan, saat mengecek kesiapsiagaan latihan penanggulangan bencana alam, kebakaran hutan di wilayah desa Purwajaya Kec Loa Janan, Kutai Kartanegara (Kukar), Senin (4/12/2017).

Adapun kegiatan pada hari ini (4/12/2017) diselenggarakan sesuai dengan UU RI No 24 tahun 2007 tentang bencana alam, khususnya keterlibatan TNI AD dalam penanggulangan bencana yang diwadahi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Juga UU RI No 34 tahun 2004 tentang TNI pasal 7 ayat 2, bahwa tugas pokok TNI dilaksanakan dengan operasi militer untuk perang dan operasi militer selain perang (OMSP), di antara tugas dalam OMSP adalah membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Baca juga:

Ketakutan Dengar OTT KPK, Pejabat Kemenhub Ini Lalu Buang Kartu ATM ke Sungai

Kakak Bos Facebook Mark Zuckerberg Alami Pelecehan di Pesawat, Lapor Pramugari dan Ini yang Terjadi

Anak Penjual Rujak Ini Bakal Gantikan Gatot Nurmantyo Sebagai Panglima TNI

Halaman
12
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help