TribunKaltim/

Pembentukan Tim Pussaka, Upaya Wujudkan Kelurahan Sungai Merdeka Jadi Lebih Bersih dan Sehat

Keberadaan Kelurahan Sungai Merdeka di jalan poros Balikpapan dan Samarinda memberikan pengaruh positif.

Pembentukan Tim Pussaka, Upaya Wujudkan Kelurahan Sungai Merdeka Jadi Lebih Bersih dan Sehat
HO
Pembentukan Tim Pussaka, Upaya Wujudkan Kelurahan Sungai Merdeka Jadi Lebih Bersih 

TRIBUNKALTIM.CO - Keberadaan Kelurahan Sungai Merdeka di jalan poros Balikpapan dan Samarinda memberikan pengaruh positif.

Akses masyarakat terhadap pelayanan publik, juga ruang pelayanan lainnya, misalnya Puskesmas dan rumah ibadah, menjadi mudah dijangkau.

Pada sisi lain, pengaruh negatif terhadap kebersihan lingkungan juga terus terjadi.

Masih ditemukan sampah-sampah yang dibuang tidak pada tempatnya, sehingga mengandung sumber penyakit. Selain itu mengganggu estetika lingkungan.

Minimnya kesadaran masyarkat membuang sampah dan belum tersdianya prasarana dan sarana menyebabkan kebersihan di kelurahan ini masih rendah.

Mengantisipasi permasalahan tersebut, jajaran kelurahan membentuk Tim Penanggulangan Sampah Kelurahan Sungai Merdeka disingkat Tim Pussaka.

Kamis, 7 Desember 2017, di Balai Pertemuan Umum (BPU) kelurahan, hadir Camat Samboja, Muspika kecamatan, ketua-ketua RT se kelurahan, pihak dari perusahaan, serta tokoh agama dan masyarakat.

Murdianysah, Ketua LPM Kelurahan Sungai Merdeka mengungkapkan pihaknya berupaya mengaktifkan kembali gotong-royong yang mulai pudar di masyarakat. Terutama di bidang kebersihan lingkungan.

Selain itu, Menurut Sekretaris Lurah Muhammad Fajar, pembentukan Tim Pussaka merupakan bentuk dukungan kelurahan dari Sahabat Sampah, yang digalakkan oleh Kecamatan Samboja, yang diinisiasi oleh Camat Samboja Ahmad Junaid, S.Pd. MM.

Dalam sambutannya, Camat Samboja memaparkan tidak lama lagi TPS yang berada di bekas areal tambang perusahan akan segera digunakan.

“Koordinasi dengan berbagai pihak senantiasa disambungkan, sehingga harapan Kecamatan Samboja bersih dari sampah segera terwujud,” imbuh Ahmad Junaidi bersemangat.

Pada waktu yang sama, pihak PT Singlurus Pratama menyerahkan kendaraan roda tiga (armada angkutan sampah) sebagai dukungan perusahaan dalam mewujudkan kebersihan di Kelurahaan Sungai Merdeka. (*)

Editor: Kholish Chered
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help