Tips Otomotif

Habis Liburan Jauh Naik Mobil, Perlukah Cek Kendaraan Lagi?

Menggeber kendaraan jarak jauh pada musim liburan terutama pada akhir tahun sudah jadi kebiasaan beberapa masyarakat.

Habis Liburan Jauh Naik Mobil, Perlukah Cek Kendaraan Lagi?
NET/Google
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO -- Menggeber kendaraan jarak jauh pada musim liburan terutama pada akhir tahun sudah jadi kebiasaan beberapa masyarakat, entah pulang ke kampung halaman atau sekedar mencari tempat wisata.

Lalu, mobil yang biasanya hanya bolak-balik di dalam kota menemani aktivitas jarak pendek, apakah perlu mendapat pengecekan kembali sepulang dari berkendara jarak jauh?

Beberapa teknisi yang diwawancarai coba memberikan masukan.

Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor mengatakan kepada KompasOtomotif, tergantung dari jarak yang ditempuh dan jika tak ada yang aneh dengan kendaraan tidak perlu.

Baca: LIVE STREAMING - Saksikan Malam Ini Pukul 22.00 WIB Watford vs Leicester City!

Baca: LIVE STREAMING - Chelsea vs Brighton & Hove Albion, Saksikan Malam Ini Pukul 22.00 WIB

“Kalau pulang, jika jarak tempuh tidak terlalu jauh sekali, atau kondisi mobil dirasa prima (sehabis servis belum lama), tidak perlu juga servis, kecuali merasakan ada keanehan pada kendaraannya saat jalan,” ujar Iwan.

Pemeriksaan kendaraan di bengkel resmi Toyota
Pemeriksaan kendaraan di bengkel resmi Toyota(Toyota)

“Namun, jika mobil tidak muda lagi, perhatian ekstra perlu diberikan untuk motor fan radiator, kalo lemah atau mati di jalan, bisa overheating saat macet panjang. Maksud tidak muda untuk motor fan jika odometer sudah di angka 80.000 kilometer,” tutur Iwan.

Sedikit serupa dengan pernyataan Iwan, Harvit Ditha Lesmana, Teknisi Astrido Toyota Klender menuturkan, kalau mengecek kendaraan ke bengkel setelah perjalanan jauh memang sesuai kebutuhan.

Baca: Lagi Liburan, Malas Banget Nih Bangun Pagi! Eh Jangan Kebablasan, Ikuti 6 Tips Ini

Baca: Terungkap, Mengapa Vatikan Selalu Mengecat Bangunannya dengan Susu Selama 500 Tahun!

Baca: Mulai Pegunungan hingga Laut, Inilah 7 Destinasi Wisata di Lampung, Pas untuk Liburan Akhir Tahun!

Namun, kata Harvit, memang sebaiknya dilakukan.

“Kalau dibilang perlukah mengecek mobil setelah perjalanan, perlu juga. Komponen yang diperiksa seperti oli (mesin, gardan, transmisi), ban dan tekanannya, lalu rem di mana bisa saja sehabis perjalanan jauh tipis atau tidak kanvasnya, kemudian lampu-lampu ada yang mati tidak, kondisi air-air di mobil (radiator, washer, dan lainnya), serta aki,” ujar Harvit. (Kompas.com/Ghulam Muhammad Nayazri)

Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help