TribunKaltim/

Butuh Lahan Seluas 400 Ha

Mega Proyek Rp 13 Triliun di Tanjung Harapan Sebagian Lahan Masuk Cagar Alam

Mega Proyek Rp 13 triliun di Tanjung Harapan, butuh lahan 400 hektare, hanya saja sebagian lahan itu masuk ke area cagar alam teluk Apar.

Mega Proyek Rp 13 Triliun di Tanjung Harapan Sebagian Lahan Masuk Cagar Alam
sarassani/ tribun kaltim
Rapat konsultasi publik pengelolaan blok CA Teluk Apar di ruang Telake kantor Pemkab Paser, membahas rencana pembangunan proyek pelabuhan berbasis inti plasma perikanan di Kecamatan Tanjung Harapan, Kamis (21/12/2017). 

TANA PASER, TRIBUN –  Saat Pemkab dan masyarakat Kecamatan Tanjung Harapan melaksanakan rapat dengar pendapat di ruang Sadurengas, Kamis (21/12).

Pada waktu yang sama di tempat berbeda digelar pula rapat yang sama, yakni terkait proyek pengembangan pelabuhan berbasis inti plasma perikanan di Kecamatan Tanjung Harapan yang bakal menyedot investasi sebesar Rp 13 triliun.

Bedanya, rapat di ruang Sadurengas untuk memastikan dukungan masyarakat Tanjung Harapan, sedangkan di ruang Telake mengenai rapat konsultasi publik pengelolaan blok Cagar Alam (CA) Teluk Apar.

Rapat konsultasi publik pengelolaan blok CA Teluk Apar di ruang Telake kantor Pemkab Paser, membahas rencana  pembangunan proyek pelabuhan berbasis inti plasma perikanan di Kecamatan Tanjung Harapan, Kamis (21/12/2017).
Rapat konsultasi publik pengelolaan blok CA Teluk Apar di ruang Telake kantor Pemkab Paser, membahas rencana pembangunan proyek pelabuhan berbasis inti plasma perikanan di Kecamatan Tanjung Harapan, Kamis (21/12/2017). (sarassani/ tribun kaltim)

Baca: Kajari Paser Jadi Ketua Pengawas Kepatuhan Pelaksanaan Penyelenggaraan BPJS Ketenagakerjaan

Baca: PPNI Selenggarakan Workshop Standard Diagnosa Keperawatan Diikuti 170 Perawat di Paser

Baca: Bupati Yusriansyah Syarkawie Buka Musyawarah Daerah PWRI Kabupaten Paser

Kenapa? Karena sebagian lahan untuk proyek pengembangan pelabuhan berbasis inti plasma perikanan di Kecamatan Tanjung Harapan ini masuk kawasan CA Teluk Apar.

Untuk itu unsur Pemkab Paser. Seperti Bina Ekonomi II Setda Paser, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR), Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan perwakilan Kecamatan Tanjung Harapan, membahas CA Teluk Apar. Hadir pula tiga Kepala Desa (Kades) di Tanjung Harapan, yakni Kades Lori, Selengot dan Kades Tanjung Aru.

Setidaknya ada 400 hektare lahan yang harus mendapatkan persetujuan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk dikeluarkan dari CA Teluk Apar.

Sebagian untuk lokasi pembangunan pelabuhan tipe A, sebagian lagi untuk lokasi pembangunan fasilitas publik lainnya.

Wakil Bupati Paser, HM Mardikansyah memimpin rapat dengar pendapat dengan tokoh masyarakat terkait dengan rencana mega proyek pembangunan pelabuhan inti plasma di Tanjung Harapan. Rapat dilaksanakan di ruang Sadurengas, Pemkab Paser, Kamis (21/12).
Wakil Bupati Paser, HM Mardikansyah memimpin rapat dengar pendapat dengan tokoh masyarakat terkait dengan rencana mega proyek pembangunan pelabuhan inti plasma di Tanjung Harapan. Rapat dilaksanakan di ruang Sadurengas, Pemkab Paser, Kamis (21/12). (sarassani/ tribun kaltim)
Halaman
12
Penulis: Sarassani
Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help