TribunKaltim/

Panwaslu Kabupaten Paser Intruksikan Setiap Panwascam Membentuk PPL

Panwaslu Kabupaten Paser menginstruksikan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) agar segera membentuk Pengawas Pemilu Lapangan (PPL)tiap kecamatan.

Panwaslu Kabupaten Paser Intruksikan Setiap Panwascam Membentuk PPL
kolase
Ilustrasi Panwaslu anti Korupsi dan segala macam penyelewengan dalam melaksanakan pemilu. 

TANA PASER, TRIBUN - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Paser menginstruksikan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) agar segera membentuk Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) di setiap kecamatan. Instruksi itu tertuang dalam surat 115/K.Bawaslu.Prov.KI-05/PM.12/12/2017 tertanggal 20 Desember 2017.

Pembentukan PPL itu menurut Ketua Panwaslu Paser Nur Khamid melalui Anggota Panwaslu Divisi Administrasi dan SDM Aprianto Abdullah, untuk menghadapi Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim 2018.

“Bawaslu menginstruksi agar segera dibentuk PPL disetiap kecamatan. Ini sudah kami sampaikan sejak tanggal 22 Desember,” kata Aprianto, Selasa (26/12).

Ilustrasi Panwaslu Korupsi
Ilustrasi Panwaslu Korupsi (kolase)

PPL, lanjut Aprianto, akan memaksimalkan tugas-tugas pengawasan dalam mengawal tahapan proses Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim.

"Hari itu kami sampaikan, besoknya (Sabtu,23/12) Panwascam se-Paser kami minta untuk memulai proses seleksi PPL," ucapnya.

Baca: Mardikansyah Pimpin Penghijauan Kawasan Stadion Sadurengas Kabupaten Paser

Baca: PLN Paser Bantu Mesin Pres Hidrolik kepada Bank Sampah Muhabbah

Baca: Kajari Paser Jadi Ketua Pengawas Kepatuhan Pelaksanaan Penyelenggaraan BPJS Ketenagakerjaan

Setiap Panwascam telah membentuk Kelompok Kerja (Pokja) yang akan menjalankan setiap proses seleksi PPL yang akan dibentuk di setiap desa/kelurahan.

Dalam bekerja, Pokja harus memastikan proses seleksi yang tak lepas dari tahapan yang telah disusun. Setiap desa/kelurahan akan dipilih satu orang untuk menjadi PPL.

Baca: BTN KCP Tanah Grogot Mendorong Tumbuhnya Industri Properti di Paser

Baca: Woww, Game Horor Buatan Anak Grogot akan Dirilis di Pusat Game Terbesar di Dunia

Baca: Konsumen BBM Mengeluh, Pengetap Kuasai SPBU Km 4 Tanah Grogot

Dalam tahapan pembentukan PPL, tambah Aprianto, Panwascam akan melakukan penjaringan calon dengan menerima berkas, kemudian meneliti administrasi pendaftaran para peserta seleksi. Semua tahapan seleksi harus dilakukan secara transparan dan objektif.

“Terakhir, para peserta yang lolos seleksi administrasi, akan mengikuti tes wawancara sebelum penetepan calon terpilih,” tambahnya. (aas)

Penulis: Sarassani
Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help