TribunKaltim/

Alokasi Kursi DPRD di Pileg 2019, Dapil Sangatta Utara Berkurang 1 Kursi

Alokasi kursi untuk DPRD Kutim pada Pemilu Legislatif 2019 mendatang, dipastikan tetap 40 kursi.

Alokasi Kursi DPRD di Pileg 2019, Dapil Sangatta Utara Berkurang 1 Kursi
Ilustrasi

TRIBUNKALTIM.CO, TRIBUN - Alokasi kursi untuk DPRD Kutim pada Pemilu Legislatif 2019 mendatang, dipastikan tetap 40 kursi. Padahal partai politik yang akan menjadi peserta pemilihan legislatif bertambah.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Kutim Fahmi Idris di hadapan sejumlah perwakilan parpol, Pemkab Kutim, jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (Forkominda) serta perwakilan mahasiswa dalam pertemuan yang digelar akhir 2017 kemarin.

"Untuk Kursi DPRD Kabupaten Kutim berdasarkan data kependudukan yang diserahkan Kemendagri ke KPU Pusat, penduduk Kutim tercatat 416. 800 jiwa," kata Fahmi.

Baca: 2018, Pamkab Kutim Fokus Bayar Utang, Ini Penyebabnya

Namun, berdasarkan data Kemendagri, Kecamatan Sangatta Utara mengalami penurunan jumlah warga menjadi 20.770 orang. Kursi untuk Zona I dan II berkurang satu kursi, bergeser ke Zona V yang meliputi Kecamatan Sangkulirang, Karangan, Kaubun, Kaliorang dan Sandaran.

Seperti diketahui, pada Pemilu Legislatif 2014, Zona I yang terdiri Kecamatan Sangatta Utara teralokasi dari enam kursi menjadi lima kursi, sama dengan Zona II Kutim yang terdiri tiga desa, termasuk Kelurahan Teluk Lingga, dari tujuh kursi menjadi enam kursi.

Menurut Ulfa Jamilatul Farida, Komisioner KPU Kutim, di Zona V bertambah dari enam kursi menjadi delapan kursi karena ada penambahan penduduk yang setara dengan dua kursi.

Baca: Harga Telur masih Tinggi, Pedagang: Naik sekitar Rp 10 Ribu

"Penambahan penduduk terjadi di Kecamatan Kaubun lebih 4.000 warga, begitu juga di Kecamatan Sangkulirang dan Karangan," ungkap Ulfa.

Sedangkan Zona III dan IV, kata Ulfa meski sejumlah kecamatan mengalami penurunan penduduk, namun tidak mempengaruhi jumlah kursi yang dialokasikan yakni 10 untuk Zona III yang meliputi Bengalon, Rantau Pulung, Teluk Pandan dan Sangatta Selatan.

Baca: Mobil Dinas Ditarik, Ini Kata Ketua DPRD

11 Kursi untuk zona IV yang terdiri dari Kecamatan Kombeng, Muara Wahau, Telen, Batu Ampar, Muara Bengkal, Muara Ancalong, Long Mesangat serta Busang. (*)

Penulis: Margaret Sarita
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help