KPUD Malinau Verifikasi Partai Berkarya dan Partai Garuda

verifikasi faktual saat ini dilakukan khusus kepada dua parpol ini. Sesuai penjadwalan verifikasi parpol, seharusnya sejak Sabtu (30/12) lalu

KPUD Malinau Verifikasi Partai Berkarya dan Partai Garuda
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
PARPOL BARU - Ketua Umum PSI Grace Natalie (kanan) bersama Sekjen PSI Raja Juliantoni (kiri), membawa berkas verifikasi di gedung KPU, Jakarta. PSI salah satu partai baru yang lolos verifikasi dan menjadi peserta pemilu 2018. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNKALTIM.CO, MALINAU - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Malinau, Provinsi Kaltara pada Kamis (4/1/2018) mulai melakukan verifikasi terhadap dua partai politik (Parpol) baru yakni Partai Berkarya dan Partai Garuda. Dua parpol ini sebelumnya telah dinyatakan lolos oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pusat dan bisa ikut serta dalam pemilu bersama 15 parpol lainnya.

Ketua KPUD Gamaliel Hirung Ding mengungkapkan, verifikasi faktual saat ini dilakukan khusus kepada dua parpol ini. Sesuai penjadwalan pelaksanaan verifikasi parpol, seharusnya dilakukan sejak Sabtu (30/12) lalu. Namun, kegiatan menjelang tahun baru dan kegiatan-kegiatan lainnya membuat verifikasi ditunda.

"Karena berbenturan maka baru saat ini kami laksanakan verifikasi parpol. Pelaksanaannya sampai 12 Januari mendatang," ujar Gamaliel usai melakukan verifikasi Partai Berkarya yang berkantor di Jalan Raja Pandhita, RT 03, Desa Malinau Hulu, Kecamatan Malinau Kota. Verifikasi faktual terhadap parpol ini, Gamaliel dibantu oleh dua anggota KPUD dan staf. Tampak pula staf Panwaslu Malinau juga membantu.

Dijelaskan Gamaliel, verifikasi faktual ini dilakukan kepada beberapa hal. Antara lain, kedudukan partai (domisili parpol), kepengurusan dan keterwakilan perempuan dalam keorganisasian parpol yang akan diverifikasi. "Untuk Partai Berkarya, semua sudah memenuhi syarat," jalasnya. "Kemudian, besok (hari ini) sampai 12 Januari mendatang, kita akan masuk pada tahapan verifikasi keanggotaan," lanjutnya.

Mempermudah pelaksanaan verifikasi, Gamaliel membagi anggota menjadi dua tim. Untuk Partai Garuda, Gamaliel menyerahkan kepada anggota KPUD lainnya, Antonius Pudun dan Dyah Astuti Suryani. Kemudian, sama dengan tim pertama, tim kedua juga dibantu oleh staf KPUD dan Pnwaslu Malinau. "Kita bagi jadi dua tim supaya bisa efektif. Kalau di tim saya, ada Ibu Rini Iriani dan Bapak Lasinias," paparnya.

Gamaliel menjelaskan, untuk verifikasi keanggotaan parpol akan dilaksanakan mulai Jumat (5/1). Partai Berkarya memiliki sedikitnya 80 orang anggota. Nanti semua anggota tersebut akan diverifikasi secara langsung di lapangan. "Ya, tentunya kami akan mengecek Kartu Tanda Anggota (KTA) dan KTP nya. Apakah memang sesuai atau tidak," tegasnya.

Diprediksi oleh Gemaliel, persoalan tidak adanya KTP dan KTA di lapangan biasanya muncul saat pelaksanaan verifikasi faktual. Namun demikian, bagi parpol yang belum bisa melengkapi KTA dan KTP diberikan waktu memperbaikinya mulai 12-20 Januari. "Tapi, untuk Partai Berkarya sudah memenuhi syarat. KTP dan KTA nya lengkap," tutur Gamaliel. (*)

Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help