Mitra Kukar

Rafael Berges Janji Gunakan Bahasa Indonesia

memahami Bahasa Indonesia walau belum sampai sebulan berada di Kota Raja.Selama ini belajar Bahasa Indonesia dari Google

Rafael Berges Janji Gunakan Bahasa Indonesia
TRIBUNKALTIM/CORNEL DIMAS
Pelatih Mitra Kukar Rafael Berges memberi keterangan kepada wartawan usai latihan. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Mitra Kukar menggelar latihan di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (3/1/2017) pukul 16.30 Wita.

Pelatih Mitra Kukar, Rafael Berges Marin terlihat lebih komunikatif saat sesi latihan.

Pelatih berkepala plontos itu sudah mulai memahami sedikit bahasa Indonesia.

Hal ini tampak ketika ia memberikan instruksi kepada sejumlah pemainnya. "Ayo cepat, cepat, konsentrasi. Lihat bola dan tutup ruang," kata Rafael.

Ia juga terlihat akrab dengan pemain Naga Mekes seperti Bayu Pradana, Ahmad Bustomi, dan Mauricio Leal. Beberapa kali Rafael kedapatan berdiskusi serius dengan tiga pemainnya itu.

Terkait dengan penguasaan Bahasa Indonesia yang dimilikinya, Rafael mengaku baru tahu sedikit kosakata."Saya tahu sedikit, maju mundur, satu, dua," ujarnya sembari tertawa.

Ia bangga bisa cepat memahami Bahasa Indonesia walau belum sampai sebulan berada di Kota Raja.Selama ini belajar Bahasa Indonesia dari Google Translate.

Kendati penguasaan bahasa Indonesia-nya sangat minim, Rafael berjanji akan terus belajar sehingga bisa fasih berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia di tim.

"Saya belum banyak tahu, tapi yakinlah. Saya berjanji, 3 minggu ke depan saya akan bisa berbahasa Indonesia. Saya mau belajar supaya bisa berbicara dengan kalian. Bagus," ungkap Rafael. (*)

Penulis: tribunkaltim
Editor: Martinus Wikan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help