Sukses di Usia Muda, Ini Rahasianya

DI zaman media sosial seperti saat ini, kita bisa mendengar dan melihat banyak sekali enterpreuner muda yang sukses.

Sukses di Usia Muda, Ini Rahasianya
Thinkstock
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO - DI zaman media sosial seperti saat ini, kita bisa mendengar dan melihat banyak sekali enterpreuner muda yang sukses. Kita bisa membuat pengusaha- pengusaha muda yang lahir di berbagai bidang. Mulai dari kuliner, fashion, transportasi, jasa, dan lain-lain. Kita, kapan?

Sukses di usia muda merupakan impian semua anak muda namun untuk meraihnya harus dibayar dengan perjuangan yang keras. Sukses usia muda tentu beda rasanya dengan usia dewasa yang biasanya ditandai dengan usia di atas 50 tahun. Bila kita bisa mencapai sebuah keberhasilan saat usia masih belia ada banyak hal yang bisa dilakukan ketimbang bila telah memasuki masa uzur.

Tapi, bukan hal mudah untuk bisa sukses di usia muda. Anda perlu kerja keras, ketekunan dan diiringi dengan doa dan kesungguhan. Beberapa orang bahkan harus jatuh bangun terlebih dahulu agar benar-benar bisa sampai di tangga sukses. Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba agar sukses di usia muda. Simak pula beberapa kisah inspirasi sukses di usia muda dari para pengusaha muda dan berbakat berikut ini.

Teori dan konsep mencapai sukses bisa seabrek jumlahnya. Tapi bagi mereka yang benar-benar ingin mencapai sukses di usia muda, mereka tak pernah berhenti belajar dan terus menambah asupan informasi dari beragam sumber agar semakin matang dalam pemikiran serta tindakan. Beberapa diantaranya terangkum dalam 10 kiat sukses di usia muda berikut ini.

1. Tidak Takut Hidup Susah
Kegagalan adalah pintu keberhasilan. Mereka yang berhasil merasakan manisnya sukses di usia muda paham akan hal ini. Bukan berarti bahwa tak pernah gagal, malahan berkali-kali bangkit dari kegagalan membuat mental kita makin teruji. Alhasil, kesusahan dalam hidup bukan jadi halangan malah memacu semangat untuk terus mencoba.

2. Kerja Keras yang Cerdas
Kerja keras itu wajib, sementara kerja cerdas juga harus agar usaha keras yang kita lakukan bisa efektif dalam meraih target yang kita inginkan. Mereka yang sukses di usia muda bisa menggabungkan kerja keras dan kerja cerdas untuk menjadikan dirinya mampu menaklukan hambatan guna meraih impian.

3. Bersahabat dengan Risiko
Semua orang paham bahwa dengan menjadi pengusaha ada kemungkinan untuk mendapat penghasilan lebih banyak. Tapi, untuk jadi pengusaha yang mapan bukan berarti tidak ada risikonya, malahan menurut beberapa survei, untuk menjadi pengusaha Anda harus siap melakoni pekerjaan yang penuh dengan risiko. Untuk mereka yang kini sudah sukses di usia muda, manajemen risiko jadi menu pembelajaran sehari-hari yang tak pernah lelah untuk terus dikuasai.

4. Memilih Pendidikan Sesuai Minat dan Bakat
Pendidikan yang berkualitas adalah modal yang baik bagi seseorang untuk meraih impian. Anak muda yang punya visi kedepan yang jelas akan memilih pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Dengan cara ini, harapannya tentu saja, pendidikannya akan bisa mendukung perkembangan usaha atau apa saja yang dilakoni agar berkembang maksimal dari masa ke masa.

5. Berusaha Menyisihkan 25% dari Pendapatan Pertahun
Mereka yang sukses sejak usia muda sangat terbiasa mencanangkan diri untuk menabung. Tidak main-main karena dengan disiplin menyisihkan 25% dari pendapatannya pertahun maka akan ada simpanan untuk menghadapi kebutuhan di masa-masa sulit. Ataupun juga untuk hal yang lebih besar seperti investasi pada properti atau pengembangan usaha.

6. Menggunakan Tabungannya Untuk Investasi
Bukan sekedar menabung, mereka yang sukses di usia muda juga menjalankan uangnya melalui skema pasar modal. Dengan cara seperti ini, modal pasif yang Anda setorkan akan menjadi modal aktif yang keuntungannya dapat dipergunakan untuk membiayai banyak hal.

7. Berinvestasi pada Properti
Berinvestasi pada properti seperti rumah atau apartemen juga menjadi salah satu hal yang jadi ciri pengusaha muda sukses. Mereka menyadari bahwa investasi yang demikian bisa membawa keuntungan setelah melepas masa lajang dengan menempati rumah sendiri. Aset properti ini juga bisa dijual untuk kebutuhan lainnya. Perlu diketahui bersama bahwa setiap tahunnya harga properti mengalami peningkatan sebesar 15-20%.

8. Tidak Boros dan Gampang Tergiur Teknologi Baru
Realitas hari ini yang banyak di ikuti oleh kaum muda adalah tingginya biaya belanja produk teknologi semacam gadget dan sebagainya. Padahal ini sebenarnya kontra produktif. Tak kurang dari itu, kebanyakan kaum muda yang berhasil sukses saat masih berusia belia malahan tidak berpikir demikian. Mereka melihat gadget sebagai sarana pendukung kegiatan yang bersifat kebutuhan dan bukan sebagai keinginan yang jadi bagian gaya hidup.

9. Fokus dan Punya Integritas
Kiat yang terakhir ini yang paling mendasar untuk menunjang sukses di usia muda yaitu fokus dan mengedepankan integritas. Mereka tidak akan main-main untuk meraih kesuksesan dengan kerja keras dan telaten dalam menjalankan bisnisnya. (*)

Editor: Rita
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help