Ada Tanda-tanda Begini, Jalan Bujangga di Berau Bakal Longsor Lagi?

Tanda-tanda ini tidak berbeda jauh dengan gejala penurunan dua titik badan yang amblas pada tahun 2012 dan tahun 2015 lalu.

Ada Tanda-tanda Begini, Jalan Bujangga di Berau Bakal Longsor Lagi?
Tribun Kaltim/Geafry Necholsen
Jalan Bujangga sudah mulai menunjukkan tanda-tanda penurun permukaan tanah di salah satu titik, tepat di depan PT Inhutani. 

TRIBUNKALTIM.CO – Akses Jalan Bujangga kini sudah dibuka, masyarakat tidak perlu lagi memutar ke jalur alternatif yang lebih jauh. Namun kini mulai muncul permasalahan baru.

Ruas Jalan Bujangga di depan kawasan PT Inhutani mulai menunjukan tanda-tanda penurunan badan jalan.

Tanda-tanda ini tidak berbeda jauh dengan gejala penurunan dua titik badan yang amblas pada tahun 2012 dan tahun 2015 lalu.

Baca: Foto Jadul Via Vallen Undang Banyak Sorotan, Netizen: Itam Banget

Seperti diketahui, Jalan Bujangga sudah tiga kali amblas dan longsor sehingga memutus total akses masyarakat dari Tanjung Redeb ke Teluk Bayur dan Gunung Tabur.

“Jalan ini sudah mulai terlihat ada penurunan, tidak tahu, apakah akan amblas lagi atau tidak. Mudah-mudahan tidak sampai amblas lagi,” kata Agus, warga Jalan Bujangga, Kecamatan Tanjung Redeb, Selasa (9/1/2018) pukul 9.30 wita tadi.

Baca: Ditalak Cerai Taqy, Netizen Dukung Salmafina Dekat dengan Baim Wong

Terpisah, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Berau, Rahmad membenarkan, adanya pergerakan tanah di Jalan Bujangga.

Apalagi, menurut Rahmad, dari hasil kajian Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Subaya, sepanjang ruas Jalan Bujangga merupakan kawasan rawan bencana longsor.

Kawasan ini ditetapkan sebagai daerah rawan bencana lantaran berada di tepi sungai dengan arus yang kuat dan posisinya yang berada di tingkungan arus, sehingga tekanan air terus menggerus daratan yang jaraknya hanya beberapa meter dari pinggir sungai.

Halaman
12
Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help