Pertamina Ambil Alih 100 Persen Blok Mahakam

“Dulu kita satu persen saja enggak punya saham. Sekarang kita berikan ke Pertamina,” kata Presiden Jokowi.

Pertamina Ambil Alih 100 Persen Blok Mahakam
TRIBUN KALTIM / ARIF FADILLAH
Salah satu sumur di blok Mahakam yang terdapat di lapangan SPU. 

Laporan wartawan Tribunnews, Immanuel Manafe 

TRIBUNKALTIM.CO, ROTE NDAO - Presiden Joko Widodo mengungkapkan sebentar lagi 100 persen kepemilikan saham pengelolaan migas di Blok Mahakam akan diambil alih oleh Pertamina.

“Mulai Januari, Blok Mahakam 100 persen saya serahkan ke Pertamina,” ujar Presiden Jokowi saat menghadiri penutupan Rakernas Barisan Relawan Jokowi Presiden (Barra JP) di Auditorium Ti’i Langa, Kabupaten Rote Ndao, NTT, Senin (8/1/2018).

Presiden Jokowi mengungkapkan, selama ini Pemerintah hanya mendapatkan divestasi saham yang kecil dari pengelolaan migas di Blok Mahakam.

“Dulu kita satu persen saja enggak punya saham. Sekarang kita berikan ke Pertamina,” kata Presiden Jokowi.

Diketahui, terhitung mulai 1 Januari 2018, Pertamina resmi mengambil alih kelola blok Mahakam dari Total E&P Indonesie (TEPI) dan Inpex Corporation yang sudah berada sejak 50 tahun lalu.

Untuk tambang Freeport, Presiden Jokowi mengaku Pemerintah masih terus berupaya untuk mendapatkan divestasi sebesar 51 Persen meski pembahasan masih sangat alot hingga saat ini.

“Kalau sudah diurus sudah rampung akan saya jelaskan ke bapak ibu semuanya. Sudah tiga tahun enggak rampung alot banget. Enggak apa-apa alot asal jangan mau kalah. Mosok dapat 39 persen diem saja semuanya. Saya sudah perintahkan minimal 51 persen,” ucap Presiden Jokowi. (*)

Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help