UMKM di Kaltim Harus Manfaatkan Momentum Tahun Politik

Konsumsi pasti meningkat. Terutama untuk kebutuhan alat kampanye. Baliho, kaos dan alat peraga lainnya, pasti mengalami kenaikan permintaan

UMKM di Kaltim Harus Manfaatkan Momentum Tahun Politik
tribunkaltim.co/fachmi rachman
Order pencetakan alat peraga 

 TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Tingkat konsumsi masyarakat di 2018 diperkirakan meningkat.

Hal ini seiring dengan adanya agenda pemilihan gubernur (Pilgub) Kaltim di tahun ini. Hal ini diungkapkan Kepala Tim Advisory Ekonomi dan Keuangan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kaltim, Harry Aginta, Selasa (9/1/2018).

Baca: Sudah Dihubungi Pengurus, Andi Harahap Klaim Didukung PDIP di Pilkada PPU

 “Konsumsi pasti meningkat. Terutama untuk kebutuhan alat kampanye. Baliho, kaos dan alat peraga lainnya, pasti mengalami kenaikan permintaan,” kata Harry.

Menurut Harry, tahun politik seperti ini baiknya dimanfaatkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memacu produktifitas. “UMKM bisa memanfaatkan momentum tahun politik ini,” ucap Harry.

Optimisme perbaikan ekonomi, kata Harry, juga datang dari peningkatan anggaran pendapatan belanja daerah ( 2018. Baik Pemprov Kaltim maupun Kabupaten/Kota. Imbasnya, kemampuan belanja pemerintah akan meningkat.

Baca: Terima Laporan Warga Melahirkan, Anggota Brimob Polda Kaltim Langsung Bertindak

 “Perbaikan APBD ini terlihat dari transfer APBN ke daerah yang meningkat 9,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sehingga, ada peningkatan kapasitas belanja pemerintah,” ujar Harry.

 Senada, Ketua Asosiasi Pengusaha Nasional Indonesia (Apindo) Samarinda, Novel Chaniago menilai, gelaran pemilihan kepala daerah (pilkada), seperti Pilgub akan berdampak terhadap perekonomian.

 Novel memerkirakan, gelaran Pilgub tahun ini akan memberi kontribusi positif terhadap bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kaltim, khususnya di Samarinda sebagai Ibu Kota Provinsi ini.

Baca: Mau Diet Kok Masih Konsumsi yang Manis-manis? Hindari 6 Makanan Ini!

 “Ini tahun politik, akan banyak melibatkan rakyat utk pengenalan calon, kampanye dan lainnya. Kelihatannya akan bagus hasilnya bagi sektor UMKM,” kata Novel.

 Menurut Novel, hampir semua jenis UMKM akan menikmati manfaat dari gelaran Pilgub Kaltim. “UMKM disemua sektor. Baik kebutuhan pokok, souvenir, percetakan, dan lain-lain,” katanya lagi.

 Bukan rahasia umum, gelaran Pilkada akan melibatkan masyarakat dalam setiap prosesnya. Perputaran uang pun biasanya meningkat di setiap gelaran Pilkada. 

Penulis: Rafan Dwinanto
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help