Buruan Ngurus IMB, Mumpung lagi Ada Diskon

Tidak hanya mendata dan mendatangi warga, untuk mempercepat pengurusan IMB, DPMPTSP memberikan ‘diskon’

Buruan Ngurus IMB, Mumpung lagi Ada Diskon
Tribun Kaltim/Geafry Necholsen
Pengurusan IMB 

TRIBUNKALTIM.CO – Menanggapi instruksi Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo agar menertibkan bangunan yang tidak mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB), salah satunya dengan program jemput bola,

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Datu Kesuma mengatakan, pihaknya telah melakukan pendataan bangunan dan terus memperbarui data bangunan yang belum mengurus IMB.

Baca: Waduh, 80 Persen Bangunan di Berau tak Kantongi IMB

Tidak hanya mendata dan mendatangi warga, untuk mempercepat pengurusan IMB, DPMPTSP memberikan ‘diskon’ atau pengurangan tarif pengurusan IMB. “Untuk bangunan rumah atau pemukiman warga hanya perlu membayar 25 persen saja.

Sedangkan untuk bangunan yang digunakan usaha, cukup membayar 50 persen,” kata Datu Kesuma, Rabu (10/1/2018) pukul 10.30 wita.

Baca: Menyentuh Hati! Kisah Pilu Gadis Muda Rawat Neneknya yang Berusia 98 Tahun ini Bikin Nangis

Namun ketentuan ini, hanya berlaku untuk bangunan yang tidak melanggar Garis Sempadan Bangunan (GSB). Sedangkan bangunan yang melanggar GSB, pihaknya menyerahkan persoalan ini kepada Ogranisasi Perangkat Daerah (OPD) lain untuk melakukan penindakan.

Pihaknya juga telah melakukan sosialisasi di empat kecamatan kepada masyarakat, agar sebelum memndirikan bangunan, mengurus IMB terlebih dahulu.

Baca: Pelatihan Ok Oce Bikin Shock Anggota Dewan

Dengan IMB, kata Datu Kesuma, selain untuk memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), juga dimaksudkan agar penataan kawasan sesuai dengan perencanaan program pembangunan pemerintah.
 

--

Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help