TribunKaltim/

Tiga Paslon 'Bertarung' di Pilkada PPU

Mereka adalah Andi Harahap-Fadly Imawan kemudian Mustaqim-Sofyan Nur serta Abdul Gafur Mas;ud-Hamdam.

Tiga Paslon 'Bertarung' di Pilkada PPU
Ilustrasi pilkada serentak 

PENAJAM, TRIBUN -Tiga pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati akan 'bertarung' dalam Pilkada Penajam Paser Utara (PPU). Ketiga pasangan yang akan bersaing adalah Andi Harahap-Fadly Imawan yang diusung Golkar dan PDIP, kemudian Mustaqim-Sofyan Nur (Gerindra, PKB dan PBB), serta Abdul Gafur Mas;ud-Hamdam (Demokrat, PKS dan Nasdem).

Sebelumnya tersiar kabar pasangan Dayang Donna Faroek-Hermanto Kewot juga akan meramaikan Pilkada PPU, namun pada pendaftaran terakhir empat partai yang dikabarkan mengusung mengalihkan dukungan kepada pasangan lain. PDIP sudah menyatakan berkoalisi dengan Golkar, kemudian Nasdem yang sebelumnya mendukung juga mengalihkan dukungan untuk AGM-Hamdam. Sementara Hanura juga menyatakan menjadi partai pendukung AGM-Hamdam termasuk PAN.

Pada hari terakhir pendaftaran, Rabu (10/1), pasangan Mustaqim-Sofyan Nur mendatangi KPUD PPU sekitar pukul 09.00 Wita. Didampingi ratusan pendukung termasuk pengurus partai pengusung, Mustaqim-Sofyan menyerahkan berkas pendaftaran kepada KPUD. Setelah dinyatakan lengkap kemudian pasangan ini meninggalkan kantor KPUD.

Meski pada, Selasa (9/1) pasangan Andi Harahap-Fadly Imawan sudah mendaftar, namun pada, Rabu (10/1) kembali mendatangi KPUD untuk menyerahkan rekomendasi dukungan dari PDIP. Namun kedatangan Andi Harahap ini tanpa Fadly Imawan dan didampingi Ketua DPC PDIP PPU Sudirman serta sejumlah pengurus PDIP dan Golkar.

Pendaftar terakhir adalah pasangan Abdul Gafur Mas'ud-Hamdam yang datang pukul 14.00 Wita. Diantar ribuan pendukung pasangan ini diterima Ketua KPUD Feri Mei Efendi. Namun saat proses pendaftaran sempat molor karena Nasdem menyatakan mengusung pasangan ini, sehingga sejumlah persyaratan pendaftaran harus diubah.

Ketua KPUD PPU, Feri Mei Efendi mengatakan sampai pukul 16.00 Wita jumlah paslon yang telah mendaftar tiga pasangan dan pendaftaran akan ditutup sampai pukul 24.00 Wita, Rabu (10/1). Meski sejumlah partai pendukung Donna yang menyatakan mendukung pasangan lain, namun Feri mengatakan pihaknya tetap akan menunggu pasangan lain sampai pukul 24.00 Wita.

Mengenai persyaratan yang diserahkan paslon, Feri mengatakan seluruh persyaratan sudah dinyatakan lengkap termasuk laporan kekayaan yang diserahkan kepada KPK. "Pasangan Andi-Fadly sudah ada laporan bahwa mereka sudah menyerahkan laporan kekayaan kepada KPK," jelasnya. Selanjutnya, paslon yang telah mendaftar akan mengikuti tes kesehatan yang akan dilaksanakan selama dua hari, Jumat-Sabtu (12-13/1). (mir)

Penulis: tribunkaltim
Editor: Adhinata Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help