Ingin jadi Polisi? Silahkan Ikut Pelatihan di Polres

banyak pendaftar yang tidak lolos pada tes tahap awal karena tidak mengetahui caranya termasuk kemampuan fisik mereka

Ingin jadi Polisi? Silahkan Ikut Pelatihan di Polres
Tribun Kaltim/Samir
Kapolres PPU, AKBP Sabil Umar melakukan penandatanganan dengan bupati Yusran Aspar mengenai pelatihan calon anggota polri bagi siswa kelas 3 

Laporan wartawan TribunKaltim.co, Samir Paturusi

TRIBUNKALTIM.CO - Bagi siswa-siswa kelas III tingkat SMA/SMK yang ingin menjadi anggota Polri tidak perlu ragu.

Pasalnya saat ini Polres Penajam Paser Utara (PPU) membuka pelatihan bagi mereka yang berminat menjadi anggota polisi. Caranya, mereka cukup mendatangi Polres kemudian akan mengikuti pelatihan.

Kapolres PPU AKBP Sabil Umar usai penandatangan kerjasama dengan Bupati Yusran Aspar di Gedung Graha Pemuda, Kamis (11/1/2018) menjelaskan, pelatihan ini dilakukan agar mereka yang ingin mendaftar menjadi anggota polisi baik Akpol maupun bintara sudah mengetahui tahapan termasuk tes fisik.

Baca: Bupati Yusran Tiba-tiba Minta Maaf Kepada Warga, Ada Apa?

Karena selama ini lanjutnya, banyak pendaftar yang tidak lolos pada tes tahap awal karena tidak mengetahui caranya termasuk kemampuan fisik mereka.

"Mungkin hanya gara-gara salah posisi saat tes fisik sehingga gugur. Jadi pelatihan ini diberikan berupa latihan fisik seperti lari keliling lapangan sampai berenang di kolam renang. Kami sudah jadwalkan mereka untuk latihan dan biasanya Jumat sore," jelasnya.

Sabil berharap setelah mengikuti latihan ini mereka sudah bisa mengetahui tahapan tes termasuk tes fisik.

Untuk pelatihan ini lanjutnya, dikhusukan untuk siswa-siswi kelas III SMA/SMK dan tidak dipungut biaya. Ia menjelaskan, pelatihan ini sudah berlangsung namun tetap menerima siapapun yang ingin dalam pelatihan calon anggota Polri.

Baca: Ini Sosok Bimanesh, Dokter yang Turut Jadi Tersangka Karena Halangi Penyelidikan Setya Novanto

Bagaimana dengan siswa-siswi yang telah lulus sekolah,. Sabil mengatakan mereka tetap diberikan peluang untuk ikut pelatihan.

"Tapi kalau yang sudah pernah ikut tes tapi gagal kan sudah pasti tahu tahapan tes yang akan dilalui. Makanya kami lebih memprioritaskan siswa-siswi kelas III," ucapnya.

Mengenai kapan pelatihan ini akan berakhir, Sabil mengatakan akan dilaksanakan sampai pendaftaran anggota Polri dalam waktu dekat ini.

Meski mereka sudah ikut pelatihan namun belum ada jaminan untuk lolos sebagai anggota Polri karena tetap diserahkan sepenuhnya kepada tim seleksi termasuk jumlah kuota yang akan diterima.

Penulis: Samir
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help