Bank Indonesia Buka Kantor Perwakilan di China

Ini sesuai kesepakatan yang telah ditandatangani oleh Gubernur BI Agus DW Martowardojo dan Gubernur Bank Sentral China Zhou Xiaochuan.

Bank Indonesia Buka Kantor Perwakilan di China
KOMPAS
Bank Indonesia

TRIBUNKALTIM.co - Bank Indonesia ( BI) membuka kantor perwakilan di Beijing, China. Pendirian kantor ini dimulai sesuai kesepakatan yang telah ditandatangani oleh Gubernur BI Agus DW Martowardojo dan Gubernur Bank Sentral China (PBoC) Zhou Xiaochuan.

Kesepakatan ini merupakan tonggak sejarah penting dalam hubungan bilateral kedua bank sentral. Pun sejalan dengan semakin pentingnya peran China dalam perekonomian global dan kawasan, termasuk bagi Indonesia.

"Keberadaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Beijing diharapkan dapat semakin mengoptimalkan hubungan ekonomi dan keuangan kedua negara", kata Agus dalam keterangan resmi, Jumat (12/1/2018).

Baca: Warga Jangan Keliru, Meminta Data Informasi Keuangan Sekarang Bukan di Bank Indonesia Lagi

Baca: Gubernur Kaltara Akui Gedung Bank Indonesia adalah Gedung Termewah di Kaltara

Baca: Bagaimana Perekonomian Kaltim 2018? Begini Paparan Kepala Kantor Bank Indonesia Kaltim

Agus pun menyatakan, pendirian kantor perwakilan BI di China diharapkan bakal meningkatkan pemahaman tentang perkembangan dan kebijakan ekonomi dan keuangan di China serta implikasinya bagi Indonesia.

Sejalan dengan itu, pendirian Kantor Perwakilan BI di China juga akan semakin memperkuat kerja sama yang telah berjalan baik antara kedua bank sentral.

Kantor Perwakilan juga akan memiliki peran penting sebagai kontak utama dan penghubung dengan PBoc, badan pemerintah China lainnya, dan para pelaku pasar keuangan di China.

Kantor Perwakilan di Beijing ini merupakan kantor perwakilan luar negeri yang kelima didirikan BI. BI pun sudah memiliki kantor perwakilan di Tokyo, Jepang, Singapura, London, Inggris, dan New York, AS. (*)

Editor: Adhinata Kusuma
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help