Pilgub Kaltim 2018

Empat Paslon Jalani Tes Narkoba Lewat Tes Urine, Ini Alasannya

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Timur Brigjen Pol Raja Haryono menegaskan pemeriksaan tes narkoba

Empat Paslon Jalani Tes Narkoba Lewat Tes Urine, Ini Alasannya
Net
Tes urine 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Timur Brigjen Pol Raja Haryono menegaskan pemeriksaan tes narkoba bagi bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur untuk Pilkada Kaltim 2018 hanya bersifat standar.

Hal itu dikemukan Raja Haryono di Samarinda, Jumat (12/1). Menurutnya, tes narkoba hanya melalui tes urine, bukan pengujian khusus seperti uji rambut, untuk memastikan bersih dari narkoba.

"Kami hanya menjalankan sesuai petunjuk teknis dari penyelengara pemilu, dan memang petunjuknya hanya tes urine," kata Raja Haryono kepada awak media.

Baca: VIDEO - Simpan Narkoba dalam Kotak Susu, Kurir Sabu 1 Kg Lempar ke Tempat Ini

Ia mengatakan bahwa pihaknya mulai melaksanakan tes urine untuk tiga pasangan cagub-cawagub pada Kamis (11/1), dan kemudian satu pasangan lainya pada Jumat (12/1).

"Kami menurunkan tim berjumlah 6 orang, karena kami hanya mengambil sampel urine, yang kemudian kita bawa ke kantor untuk diperiksa," jelasnya.

Sejauh ini, kata dia hasil sementara pemeriksaan masih aman-aman saja, meskipun pihaknya belum terbuka terkait hasil tes yang telah dilakukan BNNP.

Baca: Tiga Paslon Pilgub Kaltim Jalani Tes Psikologi, Cagub Ini Sebut Sulit Gambar Orang

"Kami diberi waktu sampai 15 Januari, akan ada pleno keseluruhan hasil tes kesehatan, termasuk juga hasil tes dari BNN," tegas Raja Haryono.

Tes bebas narkoba merupakan bagian dari tes kesehatan bacagub-cawagub yang diberlakukan KPU Kaltim, sebagai persyaratan untuk maju pada Pilkada Kaltim 2018.

Komisioner KPU Kaltim Rudiansyah mengatakan bahwa hasil dari tes kesehatan tersebut menjadi pertimbangan KPU sebelum penetapan sebagai calon resmi. (*)

Penulis: Anjas Pratama
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help