TribunKaltim/

Usai Terbakar, Pedagang Kelontong di Pasar Senaken Ditempatkan di Area Parkir Roda 2

Mereka (pedagang) sudah tertimpa musibah, jangan sampai mereka tidak kebagian tempat berjualan. Saya paham permasalahan pasar ini,

Usai Terbakar, Pedagang Kelontong di Pasar Senaken Ditempatkan di Area Parkir Roda 2
Tribun Kaltim/Sarassani
Wakil Bupati Paser HM Mardikansyah didampingi Kepala Disperindagkop&UKM; Paser dan Camat Tanah Grogot Siti Makiah memberikan arahan kepada para pedagang Pasar Induk Senaken, Sabtu (13/1/2018) 

Laporan wartawan Tribun Kaltim.co, Sarassani

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER – Wakil Bupati Paser HM Mardikansyah didampingi Kepala Bappeda Paser IG Putu Suantara, Kepala Dishub Paser Fadriansyah beserta sejumlah Kabag Setda Paser, Sabtu (13/1/2018), meninjau lokasi kebakaran di Pasar Induk Senaken Tanah Grogot.

Kunjungan itu kebetulan bersamaan dengan upaya Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop&UKM) Paser, dalam hal ini UPTD Pasar Induk Senaken mengatur pembagian lapak/kios sementara untuk pedagang korban kebakaran.

Baca: Promosikan Produk Pemutih Kulit, Model cantik Ini Dipenjara Akibat Umbar Bagian Intimnya

Terhadap Kepala Disperindagkop&UKM Paser Ardiansyah dan Kepala UPTD Pasar Senaken Abdul Malik, Mardikansyah berpesan agar semua pedagang yang korban kebakaran direlokasi, terutama pedagang yang aktif yang terlebih dulu diprioritaskan.

“Mereka (pedagang) sudah tertimpa musibah, jangan sampai mereka tidak kebagian tempat berjualan. Saya paham permasalahan pasar ini, jadi bekerja lah dengan baik dan benar,” kata Mardikansyah dalam pertemuan di Kantor UPTD Pasar Induk Senaken.

Baca: Gara-gara Diputusin Pacar, Wanita Ini Nekat Jual Diri di Internet

Setelah pertemuan yang juga dihadiri Camat Tanah Grogot Siti Makiah itu usai, Mardikansyah kemudian memberikan arahan kepada para pedagang yang memadati halaman Kantor UPTD Pasar.

“Kami turut prihatin atas musibah kebakaran yang terjadi kemarin. Kita atur penataan lapaknya dengan baik dan benar, semua (pedagang) akan kebagian tempat berjualan dan semoga diberi kesabaran serta ketabahan,” kata Mardikansyah kepada para pedagang.

Sementara itu, Kepala Disperindagkop&UKM Paser Ardiansyah mengatakan ada 804 lapak/kios pedagang yang hangus akibat musibah kebakaran, Kamis (11/1/2018) lalu. Agar pedagang bisa kembali bekerja lagi, sebagian ditampung di areal parkir dan sisanya di area yang sudah ditentukan.

“804 lapak/kios yang terbakar. Untuk jumlah pedagang itu diketahui setelah pembagian lapak. Kenapa? Karena syarat mendapatkannya harus membawa kartu retribusi dan aktif berdagang. Jadi walau pun terdata punya lapak, tapi tak aktif berjualan, lapaknya tidak akan kami kasih,” kata Ardiansyah.

Baca: Perusahaan Leasing Diminta tak Tarik Kendaraan Nasabah Nunggak di Tengah Jalan

Untuk pedagang klontongan, tambah Ardiansyah, di relokasi ke area parkir roda dua. Ada 108 lapak yang kami bagi, kekurangannya diambilkan di area paser ini juga.

“Hari ini pengundiannya, sebab kemarin sudah kita nomori lapaknya. Dan satu lagi pesan Pak Wabup, pedagang korban kebakaran dilarang membangun sendiri, tunggu pemerintah daerah yang membangunkannya,” tambahnya.

Penulis: Sarassani
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help