Asyik Membereskan Hasil Curian, Komplotan Pencuri Sarang Walet Digerebek

Pelaku kedapatan sedang membereskan hasil curian. Ada yang bersembunyi, dan hendak kabur, tapi semuanya berhasil diamankan.

Asyik Membereskan Hasil Curian, Komplotan Pencuri Sarang Walet Digerebek
Empat pelaku pencurian sarang burung walet telah diamankan Satreskrim Polres Kubar, Senin (15/1/2018). 

TRIBUNKALTIM.CO, KUTAI BARAT - Pelaku pencurian sarang burung walet di Desa Saping, Kutai Barat (Kubar), berhasil dibekuk Satreskrim Polres Kubar, Senin (15/1/2018) dini hari.

Pengungkapan ini berawal dari laporan masyarakat tentang adanya sekelompok orang mencurigakan yang masuk ke salah satu gedung sarang burung walet di RT 12, Desa Saping, Barong Tongkok.

Mendapati laporan tersebut, kepolisian bergerak cepat melakukan pengecekan lokasi yang dimaksud. Benar saja, saat kepolisian memasuki lokasi sarang burung walet, didapati empat pelaku sedang beraksi.

Saat hendak diamankan, keempatnya sempat melakukan perlawanan dan berusaha melarikan diri dari sergapan petugas. Keempat pelaku yang diamankan diantaranya, UD (45), MS (38), IR (35) dan YN (19), beserta barang bukti berupa ratusan keping sarang burung walet, linggis, kunci L, parang, dan tali.

Kapolres Kubar, AKBP I Putu Yuni Setiawan, melalui Kasat Reskrim AKP Rido Doly Kristian menjelaskan, keberhasilan pengungkapan tersebut dapat terlaksana karena adanya kerja sama dan kepedulian masyarakat. "Masyarakat memberikan informasi kepada petugas, di sisi lain petugas juga siaga dalam bentuk patroli berantai yang dilaksanakan secara tidak terputus sehingga kehadiran polisi di tengah masyarakat dapat dirasakan," tuturnya, Senin (15/1/2018).

Dari hasil pemeriksaan, komplotan pencuri sarang burung walet ini telah beberapa kali beraksi, bahkan diketahui keempatnya merupakan warga pendatang, yang ke Kubar hanya untuk melakukan aksi pencurian.

"Saat diamankan, pelaku kedapatan sedang membereskan hasil curian. Ada yang bersembunyi, dan hendak kabur, tapi semuanya berhasil diamankan. Mereka bukan warga sini (Kubar), dan sudah beberapa kali beraksi," ucapnya.

Jika dirupiahkan, total hasil curian yang didapat pelaku yakni sekitar Rp 50 juta. Akibat perbuatan tersebut, pelaku dijerat pasal 363 KUHP Jo 55 tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman kurungan di atas 5 tahun. "Kami masih dalami lagi kasus ini, pelaku sedang kami pemeriksa. Bagi warga yang merasa menjadi korban pencurian sarang burung walet, silakan melaporkan ke kepolisian," tambahnya.(*)

Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Fransina Luhukay
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help