Harga Karet Terjun Bebas Jadi Rp 5 Ribu per Kg, Petani Karet di Kubar Gigit Jari

- Kutai Barat (Kubar) hingga kini masih tercatat sebagai daerah penghasil karet alam terbesar di Kaltim.

Harga Karet Terjun Bebas Jadi Rp 5 Ribu per Kg, Petani Karet di Kubar Gigit Jari
tribunkaltim.co/rahmad taufik
Sukarman, petani karet di Kabupaten Kutai Kartanegara 

TRIBUNKALTIM.CO - SENDAWAR - Kutai Barat (Kubar) hingga kini masih tercatat sebagai daerah penghasil karet alam terbesar di Kaltim.

Acuan itu dilihat dari luas areal perkebunan karet di daerah itu, memiliki luasan 34.500 hektare. Namun sayangnya banyak petani setempat cenderung meninggalkan kebunnya.

Hal ini disebabkan menurunnya harga karet mentah di pasaran. Setelah sempat menikmati harga karet mencapai Rp 11 ribu per kg, kini petani karet di Kubar dalam dua tahun terakhir ini gigit jari. Harga karet kini terjun bebas mencapai Rp 5 ribu hingga Rp 6 ribu per Kg.

Baca: Begini Cara yang Dilakukan Dinas Perkebunan agar Petani Karet Kaltim Lepas dari Jeratan Tengkulak

Para petani pun beralih profesi, ada yang bercocok tanam menanam sayur ada juga yang bekerja di perusahaan.

Seperti kisah petani karet asal Kecamatan Barong Tongkok, Yermias. Kepada Tribun, pria berusia 38 tahun ini menyebutkan penurunan harga terus terjadi sejak beberapa tahun ini. "Mulai dari harga Rp 11 ribu terus turun sampai sekarang harganya Rp 6 ribu," ujarnya.

Dia mengaku tidak mengetahui penyebab turunnya harga karet. Jika dikonfimasi kepada tengkulak jawabannya, hanya singkat harge karet memang sedang turun. "Katanya dari sana sudah turun," tutur Yermias.

Dengan luasan kebun karet 5 hektare, dia dapat menghasilkan 1 ton karet per bulannya. Hanya saja pemasarannya sulit. Untuk memasarkann hasil panennya ia harus bermanin kucing-kucingan dengan tengkulak.

Pembali karet di Kubar cenderung tengkulak yang berasal dari Samarinda dan Banjarmasin. Tengkulak dari dua daerah tersebut membeli karet dengan harga berbeda. "Sebelum dijual kita tanya dulu yang mana harganya tinggi disitu tempat kita jual,"ujarnya.

Baca: Panen Raya Harga Beras Turun

Halaman
12
Penulis: Febriawan
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help