Tingkatkan Harga Karet Petani, Ini yang Dilakukan Dinas Pertanian Kubar

Sekretaris Dinas Pertanian Kubar Nanang Adriani mengatakan, pemerintah daerah sudah membentuk mitra dengan pengusaha pabrik karet

Tingkatkan Harga Karet Petani, Ini yang Dilakukan Dinas Pertanian Kubar
siakapkeli.my
Penduduk kampung ini mengklaim terdapat sebuah kapal dagang zaman dulu yang dipercayai tertanam di sebuah kebun karet. 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Sekretaris Dinas Pertanian Kubar Nanang Adriani mengatakan, pemerintah daerah sudah membentuk mitra dengan pengusaha pabrik karet yang ada di Samarinda. Dengan harapan dapat menggenjot harga karet di Kubar.

Alhasil, beberapa petani karet di Kubar sudah menerapkan hal itu, dengan menjual hasil panennya dengan kulitas harga yang cukup tinggi.

"Beberapa petani karet di Jempang dan Bongan sudah melakukan komunikasi dengan pabrik di Samarinda dan menjual karetnya dengan harga yang baik," kata Nanang.

Baca: Harga Karet Terjun Bebas Jadi Rp 5 Ribu per Kg, Petani Karet di Kubar Gigit Jari

Karet yang dijual petani dengan harga cukup tinggi itu adalah karet bersih. Kulitasnya sangat baik.

"Hal itu lah yang saat ini kita sosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak mencampur karet dengan bahan lain," jelasnya.

Sebelumnya kata Nanang, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan pengusaha karet di Samarinda. Dari pertemuan itu terbukti harga karet dapat naik jika kulitas barangnya baik.

Baca: Kenaikan Tarif Listrik Tergantung Harga Batubara

Dikemukakan, Kubar merupakan daerah penghasil karet terbesar di Kaltim yang memiliki luasan perkebunan hingga mencapai 34.500 hektare. Namun demikian ada empat permasalahan yang masih perlu penyelesaian yakni produksi karet yang belum begitu baik, kualitas belum standar, tata niaga karet belum optimal dan industri hilir tumbuh sepenuhnya.

Seperti diketahui harga karet saat ini mengalami penurunan derastis. Saat ini harga karet di Kubar hanya Rp 5 ribu per kg. Berbeda dengan sebelumnya harga karet di Kubar terbilang tinggi, Rp 10 ribun hingga Rp 11 ribu/kg.

Upaya yang dilakukan Pemkab melalui Dinas Pertanian Kubar kembali menghimpun kelompok tani. Memberikan informasi melalui penyuluhan pasca penen karet dilakukan dengan bentuk bersih, dalam arti tidak dicampur. Langkah ini telah kita lakukan sejak 2017 lalu.

Baca: Karet Produksi Petani Kaltim, Dipakai Pabrik Ban Michelin di Prancis

Selain itu juga melakukan bantuan kepada petani melalui APBD, akan tetapi Nanang tidak dapat menyebutkan bersaran anggaran yang telah digelontorkan untuk mebantu petani.

"Perlahan kita lakukan upaya untuk mendongkrak harga karet di Kubar," tandasnya. (*)

Penulis: Febriawan
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help