Proving Flight hanya Sampai di Kabupaten Berau Xpress Air Batal Mendarat di Malinau

Saya juga tidak tahu kenapa penerbangan ke Malinau tidak dilakukan. Belum ada pemberitahuan juga dari kantor pusat di Jakarta

Proving Flight hanya Sampai di Kabupaten Berau Xpress Air Batal Mendarat di Malinau
Tribun Kaltim/Geafry Necolsen
Pesawat milik maskapai penerbangan Express Air mendarat di Bandara Kalimarau, Jumat Jumat (2/2/2018), untuk melakukan proving atau inaugural flight hari Sabtu (3/2/2018) besok 

TRIBUNkaltim.co, MALINAU - Rencana Proving Flight (Pembuktian Penerbangan) salah satu maskapai yang direncanakan akan melayani penerbangan dari Malinau, Xpress Air tidak jadi mendarat perdana di Malinau. Sesuai jadwal, pembuktian penerbangan dilaksanakan, pada Sabtu (3/2), pukul 15.00 WITA di Bandara RA Bessing Malinau.

Supervisor Xpress Air Malinau, Sidik mengungkapkan, pihaknya yang berwenang juga tidak mendapat alasan pasti soal batalnya penerbangan perdana di Malinau. Namun, Sidik mengungkapkan, penerbangan pesawat maskapai ini tetap dilakukan. Namun hanya sampai di wilayah Kaltim.

"Saya juga tidak tahu kenapa penerbangan ke Malinau tidak dilakukan. Belum ada pemberitahuan juga dari kantor pusat di Jakarta soal itu. Kami juga menunggu informasinya. Tapi, penerbangan tetap dilakukan. Namun, sesuai informasi juga, penerbangan hanya sampai di Kabupaten Berau," ungkapnya.

Akan tetapi, Sidik menegaskan, meskipun tidak melaksanakan penerbangan perdana di Malinau dapat dipastikan bahwa maskapai penerbangan tempat ia bekerja akan melayani penerbangan dari Malinau dipertengahan Februari ini. Namun untuk jadwal pastinya, Sidik menyatakan, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan kantor pusat.

"Pasti kita melayani di Malinau. Hal ini dapat dilihat dari kesiapan kita dalam melancarkan seluruh jadwal penerbangan. Seperti, adanya pembukaan loket di Bandara Kol RA Bessing. Kemudian, penempatan saya sendiri sebagai supervisior di Malinau. Tapi, untuk jadwal penerbangan jelasnya kita tunggu saja nanti," tandasnya.

Dibeberkan Sidik, penerbangan perdana Xpress Air di Malinau memboyong rombongan pejabat di Kementrian Perhubungan RI dan para petinggi pada maskapai yang fokus melayani di wilayah Indonesia timur ini. Dipastikan penerbangan di Berau, pesawat Xpress Air memboyong seluruh rombongan tersebut.

"Saya tidak dapat pastikan, apakah penerbangan akan memboyong rombongan yang sama atau tidak. Tapi, seperti biasanya penerbangan perdana seperti itu. Bisa juga, penerbangan perdana langsung membawa penumpang. Tapi, saya belum tahu seperti apa nantinya," tuturnya.

Seperti diwartakan sebelumnya, Kepala Bandara Kol RA Bessing Malinau, Mustaji memastikan adanya penerbangan perdana Xpress Air. Ada dua maskapai yang akan melayani penerbangan dari Malinau, yakni Xpress Air dan Wings Air. Dua maskapai ini akan menurunkan jenis pesawat berbeda. Xpres Air akan menurunkan pesawat jenis ATR 42 seri 300. Sedangkan Wings Air akan menurunkan pesawat jenis ATR 72 seri 600.

"Dua jenis pesawat ini memiliki kapasitas berbeda. Kalau Xpres Air bisa menampung penumpang sebanyak 42 orang. Sedangkan pesawat milik Wings Air, bisa menampung lebih banyak yakni 72 penumpang," pungkasnya. (*)

Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help