Survei Membuktikan, Pria Indonesia Doyan Belanja Online Dibanding Wanita

Ulasan ini dibuat berdasarkan pengalaman mereka selama menggunakan produk yang telah dibeli tersebut.

Survei Membuktikan, Pria Indonesia Doyan Belanja Online Dibanding Wanita
Zinkevych
Pria belanja online 

> Data Rizet Priceza.co.id Kebiasaan Belanja Online Indonesia

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Perkembangan teknologi terutama yang menyangkut e-commerce semakin berkembang pesat.

Sebagai mesin pencari belanja dan platform pembanding harga produk, Priceza.co.id telah mengumpulkan data riset tentang kebiasaan belanja online konsumen Indonesia. Riset ini dirangkum dari tanggal 1 Januari hingga 31 Desember 2017.

Dari data yang dihimpun oleh Priceza, terdapat sekitar 4,5 juta lebih kunjungan dan pengguna aktif Priceza.co.id setiap bulan.

CEO dan Co-Founder Priceza Group, Thanawat Malabuppha mengatakan, tren e-commerce di tahun 2018 ini akan mengarah ke User Generated Content (UGC) yang sedikit banyak juga berkaitan dengan kebiasaan konsumen Indonesia yang senang membanding-bandingkan tersebut.

"Contohnya, membaca ulasan (review) atau testimonial dari pengguna nyata yang kemudian mempengaruhi keputusan membeli," kata Thanawat dalam keterangan pers, Kamis (5/2).

Dari data yang sama, dijelaskan bahwa pakaian dan perlengkapan fesyen adalah kategori paling populer di Indonesia sepanjang tahun 2017, dengan jumlah 27% dari total klik yang masuk.

Jumlah ini diikuti oleh kategori otomotif (16%) dan smartphone (12%). Sementara bila dilihat dari jenis kelaminnya, konsumen wanita memiliki persentase lebih sedikit, yaitu 35.5% dan konsumen pria sebanyak 64,5%.

Dari tiga kategori terpopuler tersebut, ada pola belanja yang bisa diketahui. Konsumen Indonesia biasanya mengunjungi situs dan aplikasi Priceza untuk mencari produk atau merek tertentu dan mereka tidak langsung menuju toko online untuk membeli, melainkan membandingkannya dengan produk sejenis, atau merek lain terlebih dahulu.

Konsumen Indonesia banyak menghabiskan waktu untuk melakukan kebiasaan membanding-bandingkan harga dan produk sebelum memutuskan untuk membeli.

Halaman
12
Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help