Pemkab PPU Hemat Rp 600 Miliar Untuk Anggaran Infrastruktur, Begini Caranya

Juga ada peningkatan jalan yang awalnya hanya tanah menjadi agregat termasuk dengan melibatkan anggaran desa dan CSR sepanjang 70 kilometer

Pemkab PPU Hemat Rp 600 Miliar Untuk Anggaran Infrastruktur, Begini Caranya
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFAN
Ilustrasi 

Laporan wartawan Tribunkaltim.co, Samir Paturusi

TRIBUNKALTIM.CO - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mampu melakukan penghematan anggaran pembangunan infrastruktur jalan melalui UPT PU Kecamatan yang mencapai Rp 600 miliar.

Sejak dibentuk tahun 2014 sampai sekarang panjang jalan baru yang telah dibuka sampai agregat mencapai 314 kilometer dan pemelihaan mencapai 328 kilometer.

Kabag Pembangunan Setkab PPU, Nicko Herlambang, Rabu (7/2) menjelaskan, besaran penghematan anggaran tersebut bila estimasi biaya yang harus dikeluarkan bila dikerjakan pihak ketiga mencapai Rp 2 miliar/kilometer. Ia mengatakan sejak UPT PU Kecamatan ini terbentuk mereka telah membuka jalan usaha tani termasuk pembuatan drainase.

Baca: Blak-blakan Cerita Kehidupan Rumah Tangganya, Mulan Jameela tak Pernah Balas Sindiran Maia Estianty

Bukan hanya itu, juga ada peningkatan jalan yang awalnya hanya tanah menjadi agregat termasuk dengan melibatkan anggaran desa dan CSR sepanjang 70 kilometer.

Nicko mengatakan, pembangunan jalan melalui UPT PU ini sangat mudah karena tak perlu lagi dilakukan pembebasan lahan karena sebelumnya lahan tersebut telah dihibahkan masyarakat.

Ia mengungkapkan sejak tahyn 2014 lalu sampai sekarang jumlah proposal dari masyarakat  dan diterima UPT PU sudah mencapai 2.000 dan 1.300 proposal sudah dikerjakan.Ia menjelaskan, masyarakat  yang ingin membangun jalan baru cukup mengajukan proposal kepada UPT PU Kecamatan namun dengan syarat lahan tersebut sudah dihibahkan. 

Setelah itu, kemudian petugas UPT PU melakukan pengecekan untuk memastikan  lahan.

Baca: Pacar Baru Billy Syahputra Berstatus Istri Orang? Ini Kata Suaminya, Netter: Ceweknya Halu

"Setelah dianggap tak masalah baru UPT PU menurunkan alat untuk membuka jalan baru. Selama ini sih pekerjaan yang dilakukan UPT PU senyap karena langsung turun ke lapangan membuka jalan baru sesuai pengajuan masyarakat," jelasnya.

Penulis: Samir
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help